SEMINAR NASIONAL THE STRATEGY AND ROLE OF STUDENT OF HEALTH ENCOUNTERING ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) 2106 FAKULTAS IMU – ILMU KESEHATAN UPN “VETERAN” JAKARTA

DSCN1821.JPG

Kamis, 4 Juni 2015 Prodi S1 Kesehatan Masyarakat FIKES menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk “Peran dan Strategi Tenaga Kesmas dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (AEC) 2016”. Bertempat di Ruang BEJ Gd. M. Husni Thamrin lt. 4 Fakultas Ekonomi UPNVJ, acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dibuka dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan penampilan dari Seni tari UPNVJ yang mempersembahkan koleksi Tarian Nusantara.

Turut hadir dalam seminar ini, dr. Murtiwi selaku Kaprodi Kes-Mas UPNVJ, bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Dedi Supratman, SKM, MKM selaku Sekjen IAKMI/Staf Ahli DPR RI dan Bapak Sidin Hariyanto, SKM, MPd selaku Badan PSSDM Kesehatan Kemenkes RI dengan moderator Ibu Insani Budiningsih, S.Si serta para peserta dari Universitas Siliwangi Jawa Barat, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Widyagama Kalimantan Timur, Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan dan sebagai tuan rumah UPNVJ

DSCN1857.JPG
Pada seminar yang berjudul “Isu Strategis Mahasiswa Kesehatan Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016, Bapak Sidin Hariyanto, SKM, MPd menjelaskan mengenai bagaimana AEC membentuk ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi menjadi lebih dinamis dan kompetitif. Adapun dampak globalisasi antara lain perdagangan barang dan jasa lintas negara, mobilitas mahasiswa dan dosen lintas negara, meningkatnya kompetisi antar negara dan antar institusi, kualitas tenaga keja menentukan daya saing negara dan standar kualifikasi dan kompatibilitas kualifikasi lintas negara. Sementara itu, peluang untuk Tenaga Kesehatan Indonesia karena tingginya permintaan tenaga untuk bekerja ke luar negeri, minat bekerja ke luar negeri yang cukup tinggi, karakteristik SDM Indonesia yang lebih disukai oleh negara lain dan banyaknya institusi pendidikan serta pelatihan yang bertaraf internasional. 


Sesi kedua diisi oleh seminar yang berjudul “Peran dan Strategi Tenaga Kesmas dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 oleh Dedi Supratman, SKM, MKM. Tenaga Kesehatan (Nakes) merupakan aspek yang paling signifikan dalam pencapaian target-target pembangunan kesehatan (berkontribusi 80% terhadap keberhasilan). Tenaga Kesehatan merupakan salah satu kunci utama dari Sistem Kesehatan Nasional) yang posisi dan perannya sangat menentukan dalam sistem pelayanan nasional. MEA adalah bentuk integrasi Ekonomi ASEAN yang direncanakan akan tercapai pada tahun 2015. Adapun peran Tenaga Kesmas dalam menghadapi MEA 2015 antara lain, mengadvokasi pemerintah bahwa program Indonesia sehat yang dicita-citakn Kemenkes adalah sejalan dengan cita-cita MEA yang menekankan pada upaya promosi untuk hidup sehat, standarisasi mutu tenaga Kesmas menuju daya saing global, Kesmas sebagai konsultan kesehatan dalam menata program pembangunan kesehatan, Kesmas berperan dalam menata sistem informasi/data kesehatan dan Kesmas berperan untuk memastikan pelayanan kesehatan yang diberikan efisien serta berkesinambungan.

DSCN1825.JPG


Pada kesempatan ini, Eva Rosiana Maniagasi mahasiswi Kesmas angkatan 2012 selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa dalam Musyawarah Wilayah 2 ISMKMI menetapkan bahwa UPNVJ terpilih sebagai Tuan Rumah kali ini. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena dengan ini kami dapat mengenalkan UPNVJ kepada para tamu undangan dari universitas lainnya. Tujuan dari diadakannya seminar ini adalah mengarahkan dan mempersiapkan Tenaga Kesmas dalam menghadapi MEA. Pesan yang dapat disampaikan untuk tuan rumah selanjutnya adalah agar lebih baik dari yang sebelumnya, acara ini dapat berlangsung secara kontinyu, tema yang diangkat dapat diaplikasikan dan diimplementasikan. 
Dalam rangkaian acara diadakanlah agenda Pengabdian Masyarakat yang bertempat di SDN 01 Pondok Petir, Sawangan Depok dengan konsep menerapkan “Perilaku Hidup Bersih”.  Turut mensponsori acara ini ialah Penerbit Erlangga, Wardah, Kemang Medika serta dari Dekanat FIKes UPNVJ.

DSCN1901.JPG

Berita Sebelumnya

GEBYAR PESONA INDONESIA FAKULTAS ILMU SOSIAL dan ILMU POLITIK (FISIP) UPN “VETERAN JAKARTA"

Berita Selanjutnya

MOTRA (MODERN & TRADITIONAL) 2015 LEARNING BY DOING ENTERPREUNEUR SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UPN “VETERAN” JAKARTA