Hidupkan Kreativitas Selama Pandemi, UKM UFO Gelar Sesi Kelas Virtual Photoshoot bagi Anggotanya secara Daring

UFO.jpg

HumasUPNVJ - Sejak diumumkannya wabah virus Corona, berbagai aktivitas di dunia pendidikan tidak lagi dapat berjalan seperti semestinya. Berbagai kegiatan kemahasiswaan yang biasa dilakukan di area kampus mengalami penundaan dan harus diberhentikan untuk sementara waktu. Namun, kondisi pandemi ini sepatutnya tidak boleh mengahalangi kita untuk tetap kreatif dan produktif.

UFO “Veteran” Jakarta merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan UPN Veteran Jakarta yang menaungi 3 (tiga) bidang peminatan, yaitu: fotografi, videografi dan desain grafis. Selama masa pandemi, UKM UFO berupaya untuk tetap memberikan kontribusi kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas skill para anggotanya. Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan adalah Internal Sharing Class bertajuk Virtual Photoshoot yang diselenggarakan secara daring pada Minggu, 31 Mei 2020 lalu. Kegiatan ini memanfaatkan platform Zoom Meeting dengan menghadirkan narasumber Farhan Wildan Giffary (Anggota Light Shoot UPN Veteran Yogyakarta) dan Novi Handayani (Anggota Tetap 4 UKM UFO Veteran Jakarta) beserta model Desy Mayangsari (Anggota Tetap 4 UKM UFO Veteran Jakarta).

Bidang fotografi merupakan salah satu bagian yang terdampak dan nyaris berhenti semasa pandemi Covid-19. Oleh karenanya, virtual photoshoot menjadi sebuah solusi melakukan pemotretan di tengah himbaun physical distancing seperti saat ini. Bermodalkan laptop dan kamera, konsepnya seolah-olah mirip dengan swafoto, namun terdapat kamera lain yang terhubung secara daring untuk mengambil gambar.

“Sebelum sesi pemotretan, dilakukan diskusi dan kolaborasi dulu dengan model berkaitan dengan busana, latar belakang dan gaya selama sesi pemotretan berlangsung.” ujar narasumber.

Penyelenggaraan sesi kelas virtual photoshoot ini merupakan pengalaman pertama bagi UKM UFO Veteran Jakarta untuk mengadakan pembelajaran fotografi secara daring di tengah pandemic COVID-19 ini. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dan antusiasme yang tinggi dari para anggota. Untuk itu, dalam beberapa waktu mendatang rencananya kegiatan akan dilanjutkan dengan sesi pelatihan virtual photoshoot yang dibuka untuk umum (diluar anggota UKM UFO) dengan harapan antusiasme dari masyarakat yang ingin mengetahui virtual photoshoot lebih dalam lagi.

berikut beberapa hasil karya virtual photoshoot :

ufoo.jpeg

Hasil karya (dari kiri ke kanan) : Nahla Karima (Peminatan Desain), Elmir Matdanatja (Peminatan Videografi) dan Fadilah Prida (Peminatan Fotografi)

UFO2.jpg

 

Hasil karya dari narasumber (Farhan Wildan Giffary)

Izhar Yusuf Siregar, selaku Ketua UKM UFO Veteran Jakarta, sangat mendukung agar penyelenggaraan kelas seperti ini dapat dilakukan secara rutin untuk menghidupkan atmosfir kegiatan para mahasiswa khususnya anggota UFO. “Dengan banyaknya media fotografi saat ini, virtual photoshoot merupakan salah satu hal yang menarik untuk dilakukan ditengah pandemi saat ini. Mudah-mudahan kelas ini menjadi awal bagi kelas-kelas virtual photoshoot selanjutnya, serta diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan minat anggota” tutur Izhar.

 

 

Berita Sebelumnya

International Webinar FT UPNVJ “Future Energy: Harvesting, Distribution And Saving”, 2020.

Berita Selanjutnya

Beni Harmoni: Pelanggaran Terhadap Hak Anak Meningkat Selama Pandemi Covid-19