Mahasiswa Tetap Produktif Dimasa Pandemi, UKM UFO Gelar E-Workshop dan Photo Competition Virtual Photoshoot Secara Daring

 

HumasUPNVJ - Sejak diumumkannya wabah virus Corona di Indonesia, berbagai aktivitas dibatasi dan muncul peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Semua sektor mulai dari perekonomian hingga pendidikan terkena dampaknya. Dunia pendidikan tidak lagi dapat berjalan seperti biasa. Berbagai kegiatan kemahasiswaan yang biasanya dilakukan di area kampus mengalami penundaan dan harus diberhentikan untuk sementara waktu dan pembelajran dilakukan secara daring menggunakan aplikasi online. Namun, kondisi pandemi ini seharusnya tidak boleh mengahalangi kita untuk tetap kreatif dan produktif. Segala upaya dilakukan agar semua kegiatan tetap produktif dan kreatif, salah satunya kegiatan dari UKM UFO Veteran Jakarta.

UFO Veteran Jakarta merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan UPN Veteran Jakarta yang menaungi 3 (tiga) bidang peminatan, yaitu: fotografi, videografi dan desain grafis. Selama masa pandemi, UKM UFO berupaya untuk tetap memberikan kontribusi kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas skill para anggotanya. Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan adalah Workshop dan Photo Competition Virtual Photoshoot yang diselenggarakan secara daring pada Minggu, 12 Juli 2020 lalu. Kegiatan ini memanfaatkan platform Zoom Meeting dengan menghadirkan narasumber Michael Cools (Professional Photographer) dan Jovita Karen (Artist & Model), model Aldy Alfian (Anggota Tetap 4 UKM UFO Veteran Jakarta) dan moderator Novi Handayani (Anggota Tetap 4 UKM UFO Veteran Jakarta).

ufo_baruu.jpg

Bidang fotografi merupakan salah satu bagian yang terdampak dan nyaris berhenti semasa pandemi Covid-19. Dikarenakan dengan adanya peraturan PSBB yang melarang masyarakat tidak berkegiatan di luar rumah. Oleh karenanya, virtual photoshoot menjadi sebuah trend baru di dunia Fotografi agar bisa tetap produktif dan kreatif. Hanya bermodalkan laptop, kamera ataupun smartphone, konsepnya seolah-olah mirip dengan swafoto, namun terdapat kamera lain yang terhubung secara daring untuk mengambil gambar.

Sebelum praktek pemotretan, dilakukan diskusi dan kolaborasi terlebih dulu dengan model berkaitan dengan busana, latar belakang dan gaya selama sesi pemotretan berlangsung untuk menyatukan tema antara model maupun fotografer.

Penyelenggaraan sesi kelas virtual photoshoot ini merupakan pengalaman kedua bagi UKM UFO Veteran Jakarta untuk mengadakan pembelajaran fotografi secara daring di tengah pandemic COVID-19 ini. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Untuk itu, kegiatan ini merupakan lanjutan Workshop Virtual Photoshoot yang sudah dilakukan sebelumnya. Namun, pada Workshop kali ini memiliki tambahan kegiatan Photo Competition Virtual Photshoot yang membuat kegiatan ini menjadi lebih ramai dan kreatif.

Kegiatan tersebut dihadirkan oleh 184 peserta yang terdiri dari kalangan Mahasiswa dan Umum se-Indonesia. Kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik pada pihak rektorat UPNVJ yang diwakilkan oleh Wakil Rektor UPNVJ bidang Kemahasiswaan dan kerja sama yaitu Dr.dr Ria Maria Theresa,Spkj.,MH. Beliau menyampaikan “Dalam keadaan pandemik walaupun tidak dapat bertemu langsung tapi semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan kreatif dan terlaksana dengan baik dalam mengadakan Workshop Virtual Photoshoot. Semoga UKM yang berada di lingkungan UPNVJ bisa membuat kegiatan seperti yang dilakukan oleh UKM UFO.” tutur Ibu Warek 3 UPNVJ.

Pembina UFO Ika Nurlaili S.Kom., M.Sc. juga berpesan “Sejak dalam keadaan New Normal banyak proker UFO yang terhenti, namun tidak hanya UFO melainkan keseluruhan UKM di lingkungan UPNVJ. UKM harus berfikir kreatif didalam masa pandemik seperti ini. Workshop ini merupakan salah satu peluang untuk peserta mendapatkan manfaat dan mengembangkan kreatifitasnya.” Tutur Ibu Pembina.

Kegiatan Photo Competition Virtual Photoshoot yang dilakukan berhadiah Jutaan rupiah ini dimenangkan oleh Nathasia Liman dari Universitas Pendidikan Nasional sebagai juara utama, dan juara favorit diraih oleh Irene Putri Larasati dari Universitas Pendidikan Indonesia, Fadilah Aprida dan Megarini Adila Putri Lubis yang berasal dari UPN Veteran Jakarta.

ufo_baru_(2).jpeg

Hasil Karya dari Juara Umum Nathasia Liman (Universitas Pendidikan Nasional)

ufo_baru_(1).jpeg

Hasil karya Juara Favorit (dari kiri ke kanan) : Irene Putri Larasati (Universitas Pendidikan Indonesia), Fadilah Aprida (UPNVJ) dan Megarini Adila Putri Lubis  (UPNVJ)

Kegiatan ini di dukung penuh oleh semua anggota UFO Veteran Jakarta, baik yang berperan dalam kepanitiann maupun Badan Pengurus Harian UFO “Veteran” Jakarta.

Dalam kesempatannya Fadhilla Prida selaku Ketua Pelaksana mengatakan “Semoga dengan adanya workshop ini dapat menambah pengetahuan para peserta dalam bidang fotografi dan dapat diterapkan dengan baik untuk mendapatkan output sesuai dengan keingina” tutupnya.

Berita Sebelumnya

Sri Lestari Wahyuningroem Berhasil Lolos Post Doctoral Kemendibud

Berita Selanjutnya

Penyembelihan Hewan Qurban Sambut Hari Raya Idul Adha 1441 H