Informasi Pembukaan UTBK-SBMPTN 2021

utbk.jpeg

HumasUPNVJ - Melansir laman KOMPAS.com Pendaftaran peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 dibuka 15 Maret (kemarin), pukul 15.00 WIB. Mengutip laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 akan dibuka mulai 15 Maret hingga 1 April.

SBMPTN dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun. Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri. Berikut syarat dan tata cara pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021:

Persyaratan UTBK Persyaratan peserta untuk mengikuti UTBK-SBMPTN 2021 adalah sebagai berikut: Memiliki Akun LTMPT. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021). Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk mengikuti SBMPTN dan Penerimaan di PTN tahun 2021. Membayar biaya UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI. Adapun kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3, yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran. Berikut ketentuannya: Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS dan TKA Saintek dengan materi ujian Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum dengan materi ujian Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.

Persyaratan SBMPTN Persyaratan peserta untuk mengikuti SBMPTN 2021 adalah sebagai berikut: Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 harus memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio. Memiliki Nilai UTBK 2021. Tidak lulus jalur SNMPTN. Pendaftaran dan simpan permanen akun LTMPT telah ditutup pada, Sabtu (13/3/2021) pukul 15.00 WIB.

Alur pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 Pendaftaran peserta UTBK-SBMPTN 2021 dimulai pada 15 Maret pukul 15.00 WIB hingga 1 April. Berikut alur pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 dikutip dari kanal YouTube LTMPT:

1. Login ke Portal LTMPT Buka laman Portal LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id/.  Login dengan akun LTMPT yang telah dimiliki (e-mail dan password). Jika e-mail dan password sudah benar namun gagal saat login, ganti huruf awal e-mail dengan huruf kapital. Klik menu "UTBK-SBMPTN".

2. Melengkapi biodata Melengkapi biodata peserta dengan mengisi pas foto, alamat, dan nomor telepon Kemudian, isi data orang tua/wali. Mengisi kebutuhan khusus/disablitas (jika ada). Jika tidak ada klik "Simpan dan Selanjutnya". Pemilihan SMTA sesuai dengan jurusan saat di SMA/SMK/Sederajat. Klik "Simpan dan Selanjutnya". Pastikan data yang sebelumnya diisi sudah benar, lalu centang pernyataan yang ada, kemudian klik "Simpan Permanen".

3. Memilih pusat UTBK Klik menu "Memilih Pusat UTBK" lalu klik sub-menu "Pendaftaran UTBK" untuk memilih lokasi UTBK, kemudian klik "Simpan". Daftar lengkap Pusat UTBK dapat dilihat di sini. Waktu dan hari UTBK akan tercetak secara otomatis di kartu ujian peserta. Tunggu 5-10 menit untuk mendapatkan kartu peserta yang dapat diakses pada sub-menu "Riwayat UTBK". Lakukan pembayaran sesuai ketentuan. Cek status pembayaran. Jika status pembayaran tertulis sudah terbayar, maka calon peserta bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Memilih program studi Pada tahap ini calon peserta memilih Program Studi yang ingin dimasuki. Terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, yaitu: Jika "Pilihan 1" memilih Prodi yang ada di Universitas/Institut, maka "Pilihan 2" harus memilih Prodi yang berada di Universitas/Institut. Jika "Pilihan 1" memilih Prodi yang ada di Politeknik, maka "Pilihan 2" harus memilih Prodi yang berada di Politeknik. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran. Peserta SBMPTN 2021 dapat memilih program studi di PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri mana pun. Dengan catatan, urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan Untuk melihat daya tampung dan syarat per PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri tahun 2021 dapat dilihat di sini. Setelah memastikan pilihan PTN dan Program Studi sudah benar, centang pada pernyataan "bersedia memenuhi ketentuan UKT jika diterima" yang berada di bagian bawah. Setelah itu klik "Simpan".

5. Mengunggah portofolio Pada tahap ini, calon peserta akan diminta untuk mengunggah portofolio jika Program Studi yang dipilih mensyaratkan hal tersebut. Ketentuan lengkap mengenai portofolio dapat disimak di sini, lalu lihat pada bagian portofolio. Jika Program Studi yang dipilih tidak mensyaratkan portofolio, maka tahap ini sudah selesai. 6. Konfirmasi dan simpan permanen Pada tahap ini, calon peserta harus memastikan bahwa semua Program Studi yang dipilih sebelumnya sudah benar. Centang pernyataan "sudah mengisi dengan benar". Kemudian klik "Simpan Permanen" Cetak dan simpan Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2021. Kartu ini wajib dibawa saat mengikuti UTBK, dan saat daftar ulang di PTN jika diterima.   

Penulis Jawahir Gustav Rizal | Editor Rendika Ferri Kurniawan


Sumber:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/14/113000265/pendaftaran-utbk-sbmptn-2021-dibuka-besok-ini-syarat-dan-cara-mendaftarnya?page=all

 

Informasi lengkapnya silahkan cek website resmi LTMPT:

https://ltmpt.ac.id/?mid=8

 

 

Berita Sebelumnya

UPNVJ Distribusikan Bantuan Untuk Bencana Alam Subang

Berita Selanjutnya

Mahasiswi FT UPNVJ Berhasil Mendapatkan Best Position Paper dalam Kegiatan Asia Africa International Model United Nations 2021