UPNVJ Resmi Berstatus Badan Layanan Umum (BLU)

 

HumasUPNVJ - UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) resmi menyandang status Perguruan Tinggi Berbadan Layanan Umum (PTN BLU), perubahan status tersebut berdasarkan pada Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor: 209/KMK.05/2021 yang ditetapkan pada tanggal 31 Mei 2021.

Dalam keputusan tersebut UPNVJ beserta tiga PTN lainnya telah ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum yang memberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan kepada instansi yang telah BLU.

“Proses ini sudah kami persiapkan sudah dilakukan sejak dari awal tahun 2020 dengan pastinya menemukan beberapa kendala yang akhirnya bisa dilewati namun kendala utama ada di aspek teknis dan aspek administratif, namun yang utama menurut saya ada di aspek administratif dimana kita harus menyiapkan tata kelola khususnya Penetapan Rencana Strategis Bisnis karena didalamnya kita harus mampu melihat kondisi saat ini, kekuatan kita serta prediksi 5 tahun kedepan. Tentunya semua harus dianalisa dengan cermat dan didukung kesiapan data” kata rektor dalam wawancara khusus dengan tim Humas UPNVJ, pada Jumat (04/06/21).

“Proses sudah kita lalui, sekarang tentang bagaimana kita berkolaborasi untuk memulai mengisi BLU , tujuan BLU mendorong kualitas layanan yang ditujukan kepada publik mahasiswa dan masyarakat. Strategi utama yang dilakukan ialah pelayanan yang diberikan SDM khususnya yang beriorentasi pada layanan dan paling penting mengubah paradigma SDM untuk mengutamakan kepuasan publik dan penguasaaan teknologi” tambahnya.

IMG_5045.JPG

Beliau juga menyampaikan selain layanan yang ditingkatkan, namun kualitas pendidikan juga harus meningkat dimana UPNVJ juga akan melakukan peningkatan akreditasi yang sesuai target dan diupayakan berkualitas internasional.

Selain fleksibilitas pengelolaan keuangan yang dapat diperoleh dari adanya perubahan status ini, para mahasiswa kedepan akan menikmati peningkatan pelayanan dan peningkatan sarana prasarana dalam kualitas pembelajaran yang diberikan oleh UPNVJ. Selain itu, peningkatan akreditasi yang UPNVJ sedang upayakan akan memberikan manfaat dan bekal untuk mahasiswa sebagai pemenuhan syarat memasuki dunia industri.

Dengan proses yang tidak mudah hingga akhirnya UPNVJ ditetapkan berstatus BLU, rektor UPNVJ berpesan untuk para dosen dan para tenaga kependidikan setelah perubahan BLU semuanya harus berkolaborasi untuk bagaimana bisa mengisi BLU sebaik mungkin.

“Salah satu target kualitas layanan kita harus meningkat maka semua elemen UPNVJ harus segera memiliki visi untuk beriorentasi pada layanan. SDM yang dirasa belum memahami teknologi segera belajar dan dosen sudah harus menyiapkan strategi untuk peningkatan akreditasi. Saya berharap semua ini tidak bisa hanya dibebankan hanya oleh satu atau dua bidang saja karena ini semua adalah kerja dan target kita bersama” tutupnya.

 

 

Berita Sebelumnya

Buktikan Pandemi Bukan Penghalang, Mahasiswa UPNVJ Raih Juara 1 Lomba Debat Mahasiswa Tingkat Nasional

Berita Selanjutnya

Beni Harefa: KPK Harus Dikuatkan Bukan Dilemahkan