Webinar KUI UPNVJ; Peluang Studi di Luar Negeri untuk Mahasiswa

WhatsApp_Image_2021-07-02_at_15.46.53.jpeg

HumasUPNVJ - Pada hari Rabu, 30 Juni 2021 dilaksanakan webinar bertemakan “Peluang Studi di Luar Negeri untuk Mahasiswa” pada pukul 12.00 - 14.30 WIB oleh KUI UPNVJ. Pembicara pada webinar ini adalah bapak Dadang Effendy Syamsudin, MBA, Ph,D. yang merupakan Marketing Director, Empire Guard Security Services dan Staff di KBRI Manilla, Filipina dan bapak Indra Kusumah, M.Sc. Ph,D. cand yang merupakan pakar data science & project management industri 4.0 dari Jerman. Webinar ini dipandu oleh Ibu Sindy Yulia Putri, S.Pd, M.Si. yang merupakan Dosen HI UPNVJ dan dibuka oleh Wakil Rektor III Dr. dr. Ria Maria Theresa, Sp.KJ. MH dan Ketua KUI UPNVJ Dr. Bambang Susanto, M.A.

WhatsApp_Image_2021-07-02_at_15.46.52_(1).jpeg

Pada pembukaannya Dr. Bambang dan Warek III UPNVJ menekankan pada pentingnya mahasiswa dan dosen serta perwakilan fakultas untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh KUI UPNVJ dalam melihat kesempatan akademik terutama di Filipina dan Jerman. Pada paparannya, Bapak Dadang menekankan beberapa pokok penting seperti: (1) peluang diterima mahasiswa Indonesia yang cukup besar dan keterkaitan historis Filipina dan Indonesia dari masa penjajahan memberikan nafas yang sejenis dengan Indonesia. Adapun sekolah di Filipina sendiri mendapatkan sertifikat ISO dan sekolah negeri di Filipina tidak money-oriented; (2) Filipina menarik untuk pelajar internasional karena bahasa Inggris yang digunakan sebagai pengantar dab bahasa Inggris yang merupakan hasil dari pengaruh AS membuat Filipina menjadi negara english speaking ke-3 terbesar di dunia. Universitas di Filipina sendiri memiliki profesor dan instruktur internasional yang kapabel di bidangnya. Bapak Dadang juga memaparkan beberapa studi kasus perbandingan berbagai universitas negeri dan swasta di Filipina berdasarkan hasil penelitian CHED. Bapak Dadang juga memaparkan mengenai syarat dan bagaimana dukungan yang diberikan pemerintah Filipina untuk belajar di luar negeri.

WhatsApp_Image_2021-07-02_at_15.46.52.jpeg

Paparan kemudian dilanjutkan oleh Bapak Indra Kusumah, Ph,D yang menekankan bahwa orang Indonesia punya kekuatan untuk menyesuaikan diri ketika belajar di Eropa, terutama di Jerman. Jerman sendiri memiliki biaya kuliah kualitas tinggi dan murah, serta makanan halal mudah diperoleh dan banyak kesempatan bekerja serta beasiswa yang tersedia di Jerman. Bapak Indra memaparkan juga mengenai kebutuhan tenaga kerja di Jerman dan di Uni Eropa serta sektor favorit yang dapat dijelajahi oleh mahasiswa Indonesia yang ingin sambil berkarir di Jerman selama masa studinya. Besar pendapatan di Jerman sendiri beragam namun dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari dan sistematika proses jenjang pendidikan sendiri dipaparkan juga oleh Bapak Indra dari level Sarjana hingga Doktoral. Webinar ini sendiri dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dimana mahasiswa dan staff dari UPNVJ berpartisipasi untuk menanyakan mengenai tantangan dan peluang beasiswa, kesempatan kerjasama antar universitas, dan bagaimana nantinya gambaran mengenai penelitian, pekerjaan, dan apa saja yang harus diperhatikan.

WhatsApp_Image_2021-07-02_at_15.46.55.jpeg

Berita Sebelumnya

Bahas Lanjutan Rencana Kerja Sama, Rektor UPNVJ Berkunjung ke PUSKESAD

Berita Selanjutnya

Prodi Ilmu Komunikasi Kembali Jadi Incaran Terbanyak Pada SEMA Gelombang I UPNVJ 2021