Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BEM UPNVJ Tanam 110 Bibit Pohon Bakau

HumasUPNVJ – Berkolaborasi dengan Bank Negara Indonesia dan komunitas mangrovejkt.id, BEM UPN Veteran Jakarta Bidang Sosial Masyakarat menyelenggarakan kegiatan Mangrovenesia yang mana pada kegiatan ini dilakukan penanaman 110 bibit pohon bakau. Tidak hanya itu, dilakukan juga penyebaran benih ikan dan juga udang masing-masing 100 ekor. Acara dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diselenggarakan tanggal 5 Juni kemarin. 

Mengutip sambutan Ketua BEM UPNVJ, Bilal Sukarno, menyayangi bumi itu bukan hanya sekadar teori melainkan membutuhkan aksi nyata. BEM UPNVJ bisa membuktikan keseriusannya untuk melestarikan dan menjaga bumi melalui acara Mangrovenesia ini. “Hari ini kita tunjukkan bahwa kita benar-beanr menyayangi bumi ini. Karena sejatinya temen-temen, kita itu disini minjem bumi. Bumi itu bukan warisan dari nenek moyang kita tapi kita meminjam dari anak cucu kita. Jadi bagaimanapun kita harus sayang sama bumi. Siapa lagi yang mengurusi kalau bukan kita?” Seru Bilal dengan penuh semangat.

IMG_5820.JPG

Kegiatan ini berlokasi di Eduwisata Mangrove Tanjung Burung, Tangerang, Banten. BEM UPNVJ datang ke lokasi didampingi oleh Plt. Kepala Biro AKPK, Koorbid UHT dan BMN, juga Subkoorbid Kemahasiswaan.  Sementara lokasi penanaman bibit pohon bakau dilakukan di hilir Sungai Cisadane yang perlu ditempuh menggunakan kapal sekitar kurang lebih 20 menit. Lokasi ini dipilih sebab menurut Ketua Pelaksana Kegiatan, Farhan, lokasi hilir Sungai Cisadane masih penuh dengan sampah dan pengairannya masih buruk. Oleh karenanya, perlu dilakukan aksi kampanye untuk menciptakan lingkungan yang sehat seperti contohnya menanaman bibit pohon bakau. “Kami berkeinginan besar untuk mewuduhkan ekosistem perairan yang sehat dan sehat dengan Tindakan nyata yang tercermin dari pola pikir dan perilaku sivitas academia yang berwawasan lingkungan dengan penanaman tanaman mangrove,” ucapnya dalam sambutannya.

Saat diwawancarai oleh Tim Humas, Farhan menjelaskan alasan dibalik memilih kegiatan menanam bibit pohon bakau dibanding kegiatan lain. BEM UPNVJ bersama dengan mitra memiliki tujuan utama yaitu untuk memperbaiki ekosistem perairan terutama di muara sungai dan di pesisir pantai. Seperti yang diketahui bersama salah satu kegunaan pohon bakau adalah untuk menjaga abrasi di sekitar wilayah perairan.

Niat dan komitmen teman-teman BEM UPNVJ tentunya sangat didukung oleh pihak kampus dan juga komunitas pecinta lingkungan. Pendiri mangrovejkt.id, Paundra Hanutama berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk dapat bekerja sama dalam melestarikan lingkunga. Paundra juga berharap ke depannya akan terus tercipta berbagai kolaborasi positif lainnya. Kegiatan ini diketahui juga didukung oleh Balai Perbenihan Ikan Ciganjur.

IMG_6867.JPG

 

Berita Sebelumnya

Silaturahmi dan Diskusi Bersama Alumni Tekstil UPNVJ

Berita Selanjutnya

Tindak Lanjut Pertemuan LPPM UPNVJ dengan Pemerintah Daerah Kota Depok