KEPK UPNVJ Gelar Webinar dengan Pembahasan Etika Penelitian Menggunakan Subjek Manusia Pada Multidisiplin Ilmu

HumasUPNVJ - Peneliti merupakan unsur penting dalam melaksanakan suatu penelitian. Tugas utama yang diemban peneliti adalah melakukan penelitian ilmiah yang berpegang teguh pada nilai-nilai integritas, kejujuran, dan keadilan. Agar penelitian dan pengembangan kesehatan berjalan baik, selayaknya seorang peneliti memahami wawasan berpikir ilmiah dan berpikir etis terkait topik dan jenis penelitian yang menjadi minatnya. Sebagai peneliti yang etis, bukan saja wajib menghargai kesediaan dan pengorbanan manusia tetapi juga menghormati dan melindungi kehidupan, kesehatan, keleluasaan pribadi (privacy), dan martabat (dignity) subjek penelitian. Hewan coba juga wajib ditangani secara ‘beradab’ (humane) supaya sejauh mungkin dikurangi penderitaannya. Penelitian yang dimaksud selain memenuhi syarat keunggulan ilmiah serta sesuai dengan Deklarasi Helsinki serta memenuhi prinsip-prinsip Cara Uji Klinik yang Baik (Good Clinical Practice (GCP)) yaitu menjunjung tinggi hargat, martabat dan hak azasi manusia.

Semua penelitian yang melibatkan manusia harus melalui proses klirens etik. Klirens etik merupakan suatu instrumen untuk mengukur keberterimaan secara etik suatu rangkaian proses penelitian sehingga semua penelitian yang melibatkan manusia atau hewan tidak boleh melanggar standar etik yang berlaku universal tetapi juga harus memperhatikan berbagai aspek sosial budaya masyarakat yang diteliti. Klirens Etik menjamin untuk memaksimalkan manfaat penelitian, serta dapat membantu Peneliti menghindari kesalahan dan penyalahgunaan Penelitian dan publikasi ilmiah yang berujung pada pelanggaran Kode Etika Peneliti. Maka dari itu Komisi Etik Penelitian UPN “Veteran” Jakarta Menggelar Kegiatan Webinar dengan Tema “Etika Penelitian Menggunakan Subjek Manusia Pada Multidisiplin Ilmu”. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk Meningkatkan kompetensi peneliti dalam menulis protokol penelitian sesuai standar Protokol Penelitian yang baik pada penelitian di bidang saintek (Sains dan Teknologi), dan soshum (Sosial dan Humaniora) serta untuk Meningkatkan kualitas protokol penelitian sesuai kaidah etik penelitian. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2023 secara Online dan di hadiri Para Dosen, Pneliti, Mahasiswa-Mahasiswi UPNVJ. 

WhatsApp_Image_2023-03-11_at_09.01.24.jpeg

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Bapak Dr. Drs. R. Dudy Heryadi, M.Si. mengatakan bahwa : Etika Penelitian menjadi hal semakin penting semakin disadari oleh banyak orang, semakin kesini kita semakin sadar ini dibutuhkan agar apa yang kita lakukan di dalam penelitian terutama tidak melanggar norma aturan etika yang berlaku. Semoga dengan pelaksaan seminar ini kesadaran para dosen civitas akademika di lingkungan UPN Veteran Jakarta menjadi semakin meningkat.

Webinar kali ini menghadirkan 3 Narasumber berbeda dari segala sudut, Dra Rachmalina Soerachman, M.Sc.PH menyampaikan bahwa : Bahwa etik penelitian sangat penting dimana mencakup prinsip-prinsip dimana terdapat moral ada value dimana didalam suatu penelitian ada rambu-rambu, terutama adalah penelitian yang mengikut sertakan manusia sebagai subjeknya apalagi kalua berhubungan dengan Kesehatan harus ada norma nya, sebagai mahasisiwa kita harus mengikuti dan mematuhi berhubungan dengan professionallisme kita berhubungan dengan integritas kita sebagai seorang peneliti. 

Narasumber ke 2 :  dr. Harnawan Rizky, S.Si., MOHRE menyampaikan Materi mengenai Pertimbangan Etik Penelitian Pada Multidisiplin Ilmu jadi kita akan fokus pada Perlindungan Partisipan Manusia. Narasumber ke 3 : Fahmi Fu’adi, S.Ikom menyampaikan: Materi terkait tahap-tahap yang dilakukan pada saat ingin submit protokol penelitian di website KEPK UPNVJ yaitu di halaman website : www.kepk.upnvj.ac.id

WhatsApp_Image_2023-03-11_at_08.59.27.jpeg

 

 

Berita Sebelumnya

FIK UPNVJ Dapat Penghargaan Huawei Indonesia EBG Partner Summit 2023

Berita Selanjutnya

Rektor Tanda Tangani MoU dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep