UPNVJ dan ULAB Berkolaborasi Bahas Aspek Krisis dalam Komunikasi Kesehatan

HumasUPNVJ - Moch. Aminul Islam, M.S.S - Senior Lecturer dari Department of Media Studies and Journalism (MSJ) University of Liberal Arts Bangladesh (ULAB), menjadi dosen tamu di mata kuliah Komunikasi Kesehatan dalam kegiatan pertukaran dosen di Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta. 

Kelas dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPNVJ sekaligus Dosen Koordinator untuk mata kuliah Komunikasi Kesehatan, Dr. Fitria Ayuningtyas. Perkuliahan juga dihadiri Dra. Siti Maryam, M.Si., salah satu dosen pengampu mata kuliah tersebut beserta 60 mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi semester 6.

Berbicara di sesi perkuliahan, yang berlangsung pada Sabtu, 23 Maret 2024 dari pukul 10.00-11.30 waktu Jakarta atau 09.00-10.30 waktu Dhaka, Aminul memaparkan materi berjudul "Crisis Communication in Health Communication."

Beliau menerangkan bahwa dalam komunikasi kesehatan, sudah pasti akan terjadi yang namanya komunikasi krisis. Adapun komunikasi krisis adalah suatu komunikasi antara organisasi dengan masyarakat atau pemangku kepentingan dalam rangka menangani peristiwa atau informasi yang dapat membawa pengaruh buruk terhadap reputasi serta citra organisasi tersebut.

Secara luas, pengertian komunikasi krisis merupakan pengumpulan, pengolahan, dan penyebaran informasi yang diperlukan untuk mengatasi situasi krisis. Komunikasi krisis berhubungan dengan upaya organisasi untuk mengelola dan merespons situasi tak terduga atau bencana yang mampu merusak reputasi, kepercayaan, atau kelangsungan operasional.

Antusiasme terlihat dari keaktifan mahasiswa untuk bertanya dan atau menjawab pertanyaan yang dilontarkan Aminul. Masih dalam konteks komunikasi krisis, Aminul mengatakan bahwa saat pandemi Covid-19 lalu di Bangladesh, terjadi panic buying yang juga pernah terjadi di Indonesia kala itu.

Perkuliahan ditutup sesi foto bersama sebagai dokumentasi antar kedua institusi. Aminul berharap kolaborasi ini dapat terus berjalan baik ke depannya.

(*wit/HumasUPNVJ)

Berita Sebelumnya

UPNVJ Terima Visitasi Lapangan Tim Penilai PPD 2024, Depok Masuk Nominasi

Berita Selanjutnya

Dosen UPNVJ Beri Pandangan Baru Perihal Teknik Copywriting dan Pemasaran Digital