74 Dosen UPNVJ Ikuti Bimtek Sistem Pelaksanaan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2)

HumasUPNVJ – UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) pada hari ini (18/07) menggelar acara bimbingan teknis (bimtek) dan ujicoba sistem baru untuk Penilaian Kemajuan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) atau yang disingkat dengan PKP2. Bimtek ini bertempat di Auditorium FK lt. 3, Gedung Wahidin Sudirohusodo UPNVJ.

Penyelenggaran Bimtek ini merupakan langkah strategis UPNVJ dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pemantauan dan evaluasi proyek-proyek riset yang dilakukan oleh mahasiswa. Sistem baru yang diperkenalkan mengintegrasikan teknologi informasi untuk memfasilitasi pelaporan, pemantauan real-time, serta analisis kemajuan dari berbagai proyek PKM yang sedang berlangsung.

DMP09493.JPG

Dalam sesi pembukaan, Jobih, Penanggung Jawab Bidang Kreativitas Minat Bakat Dan Kesejahteraan, menyoroti pentingnya peran dosen disetiap pelaksanaan PKP2 sebagai host maupun co-host yang bertigas memoderatori kegiatan PKP2.

Melalui partisipasi ini diharapkan 74 dosen yang menjadi host & co-host dapat menerapkam ilmu yang didapat dari menyimak sudut pandang penilaian reviewer terhadap proposal yang diajukan mahasiswa.

“Setiap pelaksaan PKP2 butuh tenaga dosen di universitas yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan PKP2 sehingga dosen bisa mempelajari cara penyusunan proposal, anggaran, dsb.” Ucap Jobih.

Sebelum masuk kepada inti dari acara yaitu bimtek, Harun Nasrullah, dari Tim Bidang Kreativitas Minat Bakat dan Kesejahteraan Mahasiswa, menambahkan bahwa dari keikutsertaan dosen menjadi host dan co-host dapat memberikan insight tentang cara reviewer menilai proposal, melihat gambaran mahasiswa di seluruh Indonesia, dan agar para dosen dapat menjadi garda terdepan bagi UPNVJ untuk melakukan bimbingan PKM kepada mahasiswa UPNVJ itu sendiri.

DMP09501.JPG

“Jadi dari yang dibilang pak Jobih ya, harapannya setelah ini proposal PKM di UPNVJ bisa meningkat signifikan. Kami harap dosen bisa bisa mengadopsi ilmu, bagaimana reviewer menilai proposal, melihat gambaran mahasiswa Indonesia, agar terbiasa dan menjadi garda terdepan bagi UPNVJ.” Ujar Harun sebelum menjelaskan teknis pelaksanaan PKP2 kepada peserta.

Pada bimtek ini para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang pelaksanaan PKM skema pendanaan tahun 2024, luaran PKM skema pendanaan tahun 2024, ketentuan pelaksanaan PKP2 tahun 2024, hingga agenda pelaksanaan PKP2 tahun 2024.

UPNVJ diketahui menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan PKP2 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa). Acara ini berlangsung sejak bulan Juli hingga Agustus mendatang. Tercatat ada 495 universitas yang mengikuti PKP2 dengan 10.560 mahasiswa pelaksana.

Rencananya dari 33.084 yang masuk, aka ada 3.520 ide kreatif yang didanai oleh Dirjen Belmawa. (sf)

Berita Sebelumnya

Jawab Kebutuhan Industri Kreatif, UPNVJ Buka Prodi S1 Kajian Film, Televisi dan Media

Berita Selanjutnya

Rektor UPNVJ Hadiri Kegiatan Apresiasi Atas Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Tahun 2023 Dikti Ristek