PKKMB UPNVJ 2024: Menyiapkan Mahasiswa Baru dengan Semangat Berprestasi

HumasUPNVJ -  Universitas Pembangunan Nasional “Veteran" Jakarta (UPNVJ) dengan bangga mengumumkan pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2024/2025. Kegiatan ini bertemakan "Terus Berprestasi Untuk Indonesia Maju.”

Tema ini dipilih sebagai wujud komitmen UPNVJ dalam mendukung generasi muda untuk terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan bangsa.

Acara ini dirancang untuk menyambut 4384 mahasiswa baru dan mempersiapkan mereka untuk memulai perjalanan akademik dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di lingkungan kampus.

Bertempat di Tennis Indoor Senayan, kegiatan ini pada dasarnya bertujuan memfasilitasi transisi yang mulus dari lingkungan sekolah ke kehidupan kampus, serta membangun komunitas akademik yang solid dan mendukung. Mahasiswa baru akan mendapatkan kesempatan bertemu dengan dosen, senior, dan teman-teman seangkatan, serta mendapatkan wawasan tentang berbagai organisasi dan kegiatan di kampus.

PKKMB UPNVJ akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 12 hingga 13 Agustus 2024, dengan berbagai rangkaian kegiatan yang meliputi orientasi akademik, sesi tanya jawab, serta pengenalan tentang fasilitas dan layanan kampus.

Selain itu, mahasiswa baru akan diajak untuk memahami nilai-nilai luhur yang menjadi landasan UPNVJ yaitu nikai-nilai Bela Begara termasuk integritas, kepemimpinan, dan komitmen terhadap pengabdian masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya universitas untuk memberikan pengalaman orientasi yang holistik dan inspiratif, PKKMB kali ini akan menghadirkan sejumlah pembicara luar biasa yang merupakan ahli di bidangnya masing-masing. Mereka akan berbagi pengetahuan tentang berbagai topik yang relevan dengan kehidupan kampus dan dunia profesional, termasuk kepemimpinan, inovasi, dan pengembangan diri.

IMG_2401.JPG
Dokumentasi PKKMB UPNVJ 

Di antara narasumber yang akan tampil adalah:

  • Kementerian Keuangan, yang akan membahas tentang Literasi Keuangan untuk Meningkatkan Kesadaran Belanegara
  • Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P, yang akan membahas tentang Indonesia sebagai Satu-Satunya Bangsa Yang Merdeka Karena Mengusir Penjajah
  • Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T, M.T., yang akan membahas tentang Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia
  • Rektor UPNVJ, yang akan membahas tentang Sejarah, Identitas dan Perkembangan UPNVJ
  • Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, yang akan membahas tentang Kode Etik Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa
  • Riky Boi Permata, Olivia Louise, dan Irvan Susandy, yang akan hadir dalam Talkshow tentang Pengembangan Karakter Mahasiswa
  • dr. Erniawati Lestari, Sp.F.K. selaku Administrator Kesehatan Ahli Madya dit.PLRKM, yang akan membahas tentang Kesadaran Bela Negara Melalui Pencegahan Narkoba: Mewujudkan Indonesia Emas 2045
  • Director Operational GOTO dan Country Manager LINE, yang akan membahas tentang Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan 5.0
  • Liza Marielly Djaprie, M.Psi, seorang psikolog yang akan membahas tentang Kekerasan Seksual, Anti Perundungan dan Mental Health
  • Jovial Da Lopez, yang akan membahas Dari MABA Bela Negara untuk Bangsa Indonesia: Saatnya yang Muda Kreatif Bersuara
  • Jannatul Jasmine, Muhammad Israfil, Aurellia Astadewi, Yemima Claudia Vanessa Siboro, dan Yasmin Salsabilla selaku mahasiswa berprestasi yang akan mengikuti Sharing Session dengan tema The Avengers: Keys to Becoming the Achiever, Owner, Founder, and Influencer

Dr. Anter Venus, MA,. Comm menyatakan, “PKKMB merupakan langkah awal yang penting dalam proses pendidikan mahasiswa. Kami ingin memastikan bahwa setiap mahasiswa baru merasa diterima dan siap menghadapi tantangan akademik dan non-akademik yang ada. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang bermanfaat dan memotivasi mahasiswa untuk mencapai prestasi terbaik selama studi mereka.”

Acara ini tidak hanya berfokus pada pembekalan motivasi dan inspirasi dari para narasumber luar biasa, tetapi juga diselingi berbagai kegiatan menarik yang membuat suasana semakin hidup. Kegiatan diselingi dengan hiburan dengan stand up comedy.

Mahasiswa baru akan disuguhi penampilan kreatif dari mahasiswa UPNVJ yang menampilkan berbagai bakat dalam seni musik, bela diri, dan monolog. Penampilan ini menunjukkan kekayaan potensi dan kreativitas yang ada di kampus UPNVJ. Tidak ketinggalan, beberapa sponsorship yang turut mendukung berlangsungnya PKKMB akan memberikan informasi penting yang bermanfaat bagi kehidupan mahasiswa.

IMG_0328.JPG
Dokumentasi PKKMB UPNVJ

Sebagai puncak dari seluruh rangkaian acara, PKKMB 2024 ditutup penampilan spesial dari band populer HIVI. Kehadiran HIVI diharapkan dapat menciptakan suasana penuh semangat dan kebersamaan, dan menjadi penutup manis bagi perjalanan pengenalan kampus yang berkesan ini.

Dengan perpaduan antara edukasi, inspirasi, dan hiburan, PKKMB UPNVJ 2024 tidak hanya memperkenalkan mahasiswa baru pada kehidupan kampus, tetapi juga memberikan mereka pengalaman yang kaya dan berharga untuk memulai perjalanan akademik mereka dengan penuh antusiasme.

PKKMB 2024 UPNVJ menjadi momen penting untuk menanamkan nilai-nilai Bela Negara dan mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi, menjawab tantangan zaman, serta berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

Kami mengundang seluruh sivitas akademika, orang tua, serta masyarakat umum untuk turut serta menyaksikan kegiatan PKKMB secara daring melalui siaran langsung YouTube UPN “Veteran” Jakarta dan mendukung upaya kami dalam menciptakan lingkungan akademik yang inspiratif dan produktif.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Humas UPN "Veteran" Jakarta
Email: humas@upnvj.ac.id


Telepon: (021) 765 6971


Website: www.upnvj.ac.id

Tentang Universitas Pembangunan Nasional “Veteran" Jakarta

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran" Jakarta (UPNVJ) adalah institusi pendidikan tinggi yang berkomitmen untuk menghasilkan lulusan berkualitas dengan integritas tinggi dan beridentitas Bela Negara serta kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Didirikan dengan semangat untuk memajukan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, UPNVJ menawarkan berbagai program studi yang mendukung pengembangan intelektual dan karakter mahasiswa.

Berita Sebelumnya

Rektor UPNVJ Hadiri Hari Veteran Nasional 2024

Berita Selanjutnya

Pentingnya Pembentukan Karakter bagi Mahasiswa Gen-Z di Era Digital: Talkshow Inspiratif di PKKMB UPNVJ 2024