Rektor Suarakan Semangat Berprestasi dan Membangun Negeri di PKKMB UPNVJ 2024

HumasUPNVJ - Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Anter Venus hadir secara langsung dalam membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2024/2025 di Tennis Indoor Senayan Jakarta, Senin, 12 Agustus 2024.

Mengusung tema “Terus Berprestasi untuk UPNVJ Maju,” Venus membuka pidatonya di hadapan lebih dari 4.300 mahasiswa dengan mengenalkan makna di balik nama kampus tercinta.

“UPN Veteran Jakarta didirikan oleh para pejuang, para veteran, yang kemudian mengubah orientasi mereka dari mengngkat senjata dan mengusir penjajah, menjadi mengangkat pena untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Venus.

“Dalam orang-orang UPN mengalir darah para pejuang. Itu sebabnya kampus kita disebut sebagai Kampus Bela Negara,” sambungnya.

Secara spesifik, Venus menekankan kata “pembangunan” dan “veteran” sebagai bagian dari nama UPNVJ. Ia mengatakan bahwa para veteran mendirikan UPNVJ dengan misi pembangunan, sebagai bagian dari kontribusi memajukan kehidupan bangsa.

Semangat semua sivitas akademika UPNVJ, lanjut Venus, adalah “semangat membangun, semangat membina, dan bukan membinasakan atau merusak.”

“Tapi semangat yang dapat membuat bangsa ini, negara ini, bertambah maju,” tuturnya.

DSC08326.JPG
Rektor sedang menyampaikan materi mengenai UPNVJ

Rangkaian Prestasi UPNVJ

Sesuai dengan tema PKKMB 2024, Venus mendorong semua sivitas akademika UPNVJ untuk berprestasi demi memajukan nama universitas.

Sejak 2019 hingga saat ini, UPNVJ mampu mempertahankan prestasi sebaga perguruan tinggi negeri dengan rerata UTBK tertinggi di tingkat nasional. Tahun ini, UPNVJ berada di peringkat 9 nasional bersama sejumlah PTN ternama lainnya.

Selain itu, UPNVJ juga mencetak prestasi dalam hal Indikator Kinerja Utama (IKU). UPNVJ berhasil mencapai posisi tertinggi keunggulan IKU PTN-BLU kategori IKU 8, dan posisi tinggi 10 persen IKU tahun 2023 pada Liga PTN-BLU.

Tidak hanya fokus di level nasional, UPNVJ juga terus mendorong upaya internasionalisasi lewat kerja sama dengan sejumlah universitas di luar negeri. UPNVJ telah menjalin kerja sama dengan kampus di sejumlah negara, seperti di Kazakhstan, Turki, Malaysia, Jepang, Rusia, Thailand, Brasil, Jerman, Australia dan Brasil.

Prestasi UPNVJ juga berkilau di bidang non-akademik. Sejak awal 2024 hingga Juli lalu, para mahasiswa UPNVJ berhasil meraih 145 prestasi di level nasional dan 34 di internasional. Prestasi ini diraih dalam beragam bidang, mulai dari fotografi, pembuatan poster, pencak silat, kompetisi peradilan, lomba debat konstitusi, dan lain sebagainya.

“Setiap orang di UPNVJ diharapkan mampu memiliki kompetensi, memiliki kemampuan-kemampuan yang bisa didistribusikan bagi pembangunan bangsa ini, sehingga bisa menjadi bangsa yang maju, khususnya untuk target kita di tahun 2045,” ungkap Venus, merujuk pada target Indonesia Emas 2045.

WhatsApp_Image_2024-08-12_at_10.38.08_AM.jpeg
Foto bersama Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang 3 UPNVJ bersama seluruh mahasiswa baru

Berita Sebelumnya

Pentingnya Pembentukan Karakter bagi Mahasiswa Gen-Z di Era Digital: Talkshow Inspiratif di PKKMB UPNVJ 2024

Berita Selanjutnya

PPKMB UPNVJ 2024: Pentingnya Literasi Keuangan dan Kesadaran Membayar Pajak