UPNVJ dan UiTM Perkuat Kemitraan Melalui Summer Short Course di Malaysia

HumasUPNVJ - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) dan Fakulti Komunikasi dan Pengajian Media (FKPM) Universiti Teknologi MARA (UiTM) bekerja sama menyelenggarakan Summer Short course selama 14 hari dari tanggal 31 Juli hingga 13 Agustus 2024 di Kampus FKPM UiTM di Shah Alam, Selangor, Malaysia.

“Kami sangat antusias untuk bermitra dengan FKPM UiTM dalam menyelenggarakan program Summer Short course ini. Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat hubungan antara UPNVJ dan UiTM, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman internasional yang berharga, memperluas wawasan akademis mereka, dan memperdalam pemahaman lintas budaya,” ujar Dr. Munadhil, inisiator program sekaligus Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ pada Senin, 5 Agustus 2024.

Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPNVJ, Assoc. Prof. Dr. Fitria Ayuningtyas, mengapresiasi kegiatan ini dinilai sebagai langkah strategis dalam memperkuat sinergi antara institusi pendidikan di Indonesia dan Malaysia.

“Melalui program Summer Short course ini, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan unik untuk belajar di lingkungan internasional, mengembangkan jaringan global, dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks yang lebih luas," kata Fitria, yang  berharap kolaborasi ini dapat berkelanjutan.

WhatsApp_Image_2024-08-09_at_11.03.50_PM_(1).jpeg
Foto bersama mahasiswa UPNVJ dengan UiTM

Senada dengan Dr. Fitria, Wakil Dekan Bidang Akademik, FKPM, UiTM, TS. Dr. Noor Mayudia Mohd Mothar pun bergembira bisa menjadi tuan rumah short course kali ini.

Menurutnya, program ini akan memberikan mahasiswa kesempatan untuk menjalin hubungan akademis yang lebih erat, sekaligus memperkenalkan mereka pada budaya dan dinamika sosial di Malaysia.

“Ini adalah wujud nyata dari komitmen kami dalam mendorong pembelajaran lintas budaya dan memperluas cakrawala mahasiswa di tingkat global," ungkap Mayudia.

Short course Internasional ini diselenggarakan secara tatap muka di UiTM, Shah Alam. Setelahnya, program dilanjutkan secara daring dengan mahasiswa FKPM UiTM dan dihadiri jugai oleh 12 mahasiswa dari berbagai Program Studi di FISIP UPNVJ. 

Peserta short course terdiri dari Farrel Nathania (S1 Hubungan Internasional), Nasywa Astrid Indriani (S1 Ilmu Komunikasi), Gabriel Adeline (S1 Hubungan internasional), Dyandra Finandita (S1 Hubungan Internasional), Najla Dinda Nisrina (S1 Sains Informasi), Faiz Tamara Ramadhani (S1 Hubungan Internasional), Azmalita Bintang Mahadewi (S1 Ilmu Komunikasi), Irdam Rosdi Alghozaly (S1 llmu Komunikasi), Tasya Hizrah Aprillia (S1 Sains Informasi), Khairunissa Zhakiyah (S1 Sains Informasi), Asma Zahrah (S1 Sains Informasi), dan Lintang Kemilau Sakti (S1 Hubungan Internasional).

Short course Internasional ini membahas 14 mata kuliah berbeda yang diisi 14 dosen UiTM pada saat tatap muka. Sementara skema online berlangsung selama 10 pertemuan yang juga dihadiri mahasiswa dari UiTM.

Jajaran pengajar dari kedua kampus juga bekerja sama dalam short course ini, yang pada akhirnya menghasilkan kolaborasi project based learning bersama secara berkelompok.

Berita Sebelumnya

Rektor UPNVJ Jatuhkan Sanksi Administratif Terkait Pelanggaran Integritas Akademik

Berita Selanjutnya

Rektor UPNVJ Hadiri Hari Veteran Nasional 2024