UPNVJ Gelar Pelatihan Nasionalisme untuk Pekerja Migran Indonesia di Johor Malaysia

FISIP_UPNVJ_3.jpeg
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional

HumasUPNVJ - MDosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) telah menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional bertemakan Penguatan Nasionalisme kepada Masyarakat Indonesia di Malaysia, yang terlaksana lewat kerja sama dengan Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) di Johor Baru.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Kompleks Dewan Ikram, Johor Baru, Malaysia.

"Alhamdulillah, kami sangat berbahagia bisa bersilaturahim dengan rekan masyarakat Indonesia di Johor dan berbagi tentang nasionalisme serta penguatan modal sosial kepada pahlawan devisa dari berbagai daerah," kata Dr. Munadhil, Ketua Tim PKM Internasional dan Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVJ.

Lebih lanjut, Munadhil berharap kegiatan ini -- sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi -- dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan (skill), khususnya di kalangan para pekerja migran di bidang ekonomi, sosial, ketahanan.

"Akademisi dan mahasiswa harus juga memperhatikan masalah warga di luar yang perlu mendapatkan perhatian dan dukungan," ujar Munadhil, yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ.

Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPNVJ, Dr. Fitria, mengatakan bahwa agenda ini terselenggara berkat kolaborasi dan dukungan dari banyak pihak.

FISIP_UPNVJ_6.jpeg
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional

"Ini merupakan kegiatan PKM Internasional pertama yang dilaksanakan Dosen FISIP UPNVJ. Saya berterima kasih kepada Rektor, seluruh Wakil Rektor, LPPM khususnya Ketua LPPM, Dekan FISIP UPNVJ dan mitra kita, yaitu IKMI Johor Bahru dan Universiti Teknologi MARA/UiTM atas dukungan dan bantuannya," imbuh Fitria.

Dr. Faisal selaku Ketua IKMI Johor Bahru pun mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan ini dapat meningkatkan persatuan dan modalitas sosial bagi para pekerja kilang di Malaysia, terutama di Johor.

"Kami berbahagia didatangi oleh sivitas akademika dan mahasiswa dari UPN Veteran Jakarta. Kami berharap kegiatan dan kerja sama ini dapat terus berkelanjutan ke depannya," ucap dia.

Kegiatan PKM Internasional ini difokuskan pada penguatan nasionalisme bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia. Kegiatan yang diadakan di Kompleks IKRAM Johor ini juga diikuti 12 mahasiswa dari berbagai program studi di FISIP UPNVJ.

Berlangsung selama dua hari pada 3-4 Agustus 2024, kegiatan dimulai dari pukul 09.00 hingga 15.00 UTC. KEgiatan dihadiri 30 anggota IKMI Johor Bahru di hari pertama, serta 50 anggota di hari kedua.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Tamsir, Presiden IKMI Johor Bahru, yang mengapresiasi kerja sama ini dan berharap kegiatan serupa dapat berlanjut di masa mendatang.

Dalam rangkaian acara, lima dosen FISIP UPNVJ memberikan materi yang bervariasi, mulai dari penguatan 4 pilar kebangsaan, kebiasaan mengelola uang dengan baik, literasi digital, hingga pelatihan soft skill.

Materi ini diharapkan mampu memberikan wawasan dan keterampilan yang bermanfaat bagi para pekerja migran Indonesia yang berada di Malaysia.

Berita Sebelumnya

Bangun Jaringan dan Kolaborasi yang Kuat diantara Pengusaha Muda, HIPMI PT UPNVJ Gelar Kuliah Umum

Berita Selanjutnya

UPNVJ Gelar Orientasi dan Penyerahan SPMT Bagi CPNS di Lingkungan Kampus