UPNVJ Bangga! Dekan FIK berhasil Luncurkan Buku Inspiratif Berjudul “Perjalanan Sang Profesor”

HumasUPNVJ - Pada tanggal 13 September 2024, telah diselenggarakan acara Launching Buku Novel Biografi berjudul “Perjalanan Sang Profesor”, yang menceritakan kisah hidup Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPN "Veteran" Jakarta, Prof. Dr. Ir. Supriyanto, ST., M.Sc., IPM., yang juga merupakan dosen di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Acara ini dilangsungkan secara daring di Ruang Multimedia Lantai 1 Gedung Rektorat Kampus Untirta dan juga disiarkan secara luring melalui Zoom.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Dies Natalis Untirta ke-43, dengan tema “Bergotong Royong Bersama untuk Melanjutkan SDM untuk Indonesia Emas”. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, para wakil rektor, penulis buku Liana D, Rektor UPN "Veteran" Jakarta (UPNVJ), Dr. Anter Venus, Ma., Comm., dan jajaran dekan dari beberapa fakultas dari UPNVJ dan Untirta.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Rektor Untirta, Prof. Fatah Sulaiman, yang mengungkapkan harapannya agar buku ini dapat memberikan manfaat besar bagi generasi penerus serta menginspirasi para pembacanya. Beliau menyebutkan bahwa buku ini menggambarkan kisah seorang anak dari keluarga sederhana yang tetap teguh mengejar cita-citanya. Ia juga menyampaikan selamat kepada penulis buku dan berharap pahala akan terus mengalir kepada mereka yang terlibat dalam penerbitan buku ini.

Kemudian, Rektor UPN "Veteran" Jakarta, Dr. Anter Venus, MA., Comm yang hadir secara luring memberikan apresiasi kepada Prof. Supriyanto atas kontribusinya yang signifikan dalam dunia pendidikan dan penelitian. Venus menyebut bahwa Prof. Supriyanto adalah orang yang mengikatkan antara Untirta dan UPNVJ. Menurut Venus, kepribadian Prof. Supriyanto benar seperti yang dituliskan di dalam buku yaitu humble.

"Dari awal sampai akhir saya baca, akhirnya saya menyimpulkan jadi betul bahwa orang itu akan mendapatkan apa yang dia kerjakan. You don't get want you want but you get what you work for." Ucap Venus.

Venus menganggap lewat buku inspiratif ini orang-orang dapat memetik banyak pelajaran khususnya para anak muda yang masih harus mengalami bentangan hidup yang panjang ke depan. Bahwa yang namanya keberuntungan itu akan datang setelah kita berusaha, setelah kita memikirkan, setelah kita berjuang, begitu ya. Jadi tidak datang begitu saja." Lanjutnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi bedah buku yang dipandu oleh Dr. Ing. M. Iman Santoso, di mana Prof. Supriyanto dan penulis Liana D berbagi cerita tentang proses penulisan dan makna dari buku tersebut.

Dalam sesi bedah buku, Prof. Supriyanto menyampaikan bahwa sebagai seorang akademisi, dua hal yang penting untuk dimiliki adalah academic excellence dan social responsibility. Beliau berharap buku ini dapat memberikan hikmah dan manfaat positif bagi generasi muda.

DDZ07371.JPG
Penyerahan buku Perjalanan Sang Profesor kepada pihak Untirta.

Buku Perjalanan Sang Profesor menceritakan perjalanan hidup Prof. Supriyanto, yang lahir sebagai anak pertama dari empat bersaudara dalam keluarga petani. Meski menjalani hidup sederhana, tekad dan kerja kerasnya membuatnya berhasil menempuh pendidikan hingga menjadi akademisi terkemuka. Salah satu kisah menarik adalah pertemuannya dengan istrinya, Ana, yang ia nikahi setelah lulus pada usia 22 tahun. Kisah hidupnya penuh dengan pelajaran tentang ketekunan, pengabdian, dan cita-cita yang besar.

Acara launching buku ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang melibatkan tamu undangan. Novel biografi Perjalanan Sang Profesor kini menjadi salah satu bacaan yang diharapkan dapat menginspirasi banyak orang melalui perjalanan hidup nyata seorang tokoh pendidikan yang luar biasa.

Berita Sebelumnya

UPNVJ Bersama UBL dan STAN Bahas Hak Politik Penyandang Disabilitas di FGD Semarang

Berita Selanjutnya

Buku "Perjalanan Sang Profesor": Kisah Inspiratif dari Prof. Supriyanto