Peningkatan Minat Baca Anak dengan Dongeng Literasi di Desa Cimanggu

lp3m_web.jpg

HumasUPNVJ - Kelompok mahasiswa KKN Tematik dari UPN Veteran Jakarta pada hari Sabtu, 19 Juli lalu mengadakan Dongeng Literasi. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Taman Baca yang tepat berada di depan Balai Desa Cimanggu. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah pengenalan kepada siswa-siswa sekolah dasar yang ada di desa Cimanggu terhadap e-library yang merupakan salah satu program kerja dari KKN Tematik mahasiswa UPN Veteran Jakarta di desa Cimanggu yang mengusung tema Pengembangan Desa Digital.

Peserta yang hadir pada kegiatan dongeng literasi tersebut sejumlah 61 orang. Mereka  merupakan siswa-siswi SD Cimanggu 1 yang terdiri dari siswa kelas 1 hingga kelas 6. Panitia memberikan sosialisasi kegiatan ini dengan cara memberikan pemberitahuan secara langsung kesekolah dan juga secara mulut ke mulut pada saat anak-anak bermain. Kegiatan tersebut mendapakan dukungan besar dari pihak sekolah SD Cimanggu 1. Hambali yang merupakan salah satu guru di SD Cimanggu 1 mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Beliau mengharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan minat baca siswa-siswi di desa Cimanggu.         

Minat baca dikalangan anak-anak desa Cimanggu memang terbilang cukup rendah. Untuk itu, mahasiswa tim KKN Tematik UPN Veteran Jakarta mencari cara untuk membangun kebiasaan membaca terhadap anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya dengan dongeng literasi. Pada kegiatan tersebut dilakukan pemutaran video yang berisi dongeng khas Banten yakni Batu Kuwung, serta beberapa permainan yang tentunya menyenangkan bagi anak-anak. Hal tersebut terlihat dari antusias dan semangat anak-anak ketika mengikuti kegiatan tersebut.

Dongen Literasi ini memang pertama kali diadakan di Desa Cimanggu. Namun demikian, kedepannya kegiatan ini diharapkan akan terus diadakan secara rutin. Untuk itu, tim KKN Tematik Mahasiswa UPN Veteran Jakarta berupaya untuk merekrut volunteer yang nantinya akan melanjutkan untuk mengadakan kegiatan dongeng literasi ini. Dengan demikian, minat dan kebiasaan membaca anak-anak Cimanggu akan tetap terus ada dan terjaga.

Berita Sebelumnya

Dukung Revolusi Industri 4.0, UPNVJ Update Kurikulum 4.0 dan RPS Semester Ganjil 2019/2020

Berita Selanjutnya

UPNVJ Gelar Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan LKPS dan LED Sesuai dengan IAPS 4.0