Menjadi Relawan Covid-19, KSR PMI Unit UPN Veteran Jakarta Berupaya Memutus Rantai Pandemi

 

HumasUPNVJ - Salah satu permasalahan yang menjadi keresahan di dunia saat ini adalah pandemi Covid-19. KSR PMI Unit UPN Veteran Jakarta, sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di kepalangmerahan ikut berkontribusi menjadi relawan dalam melakukan upaya memutus rantai penyebaran pandemi tersebut. Kegiatan ini sudah dilakukan 18 Maret 2020, dan dijadwalkan hingga akhir Mei 2020, atau sampai pandemi ini mereda.

Bersama dengan PMI Kota Jakarta Selatan, KSR PMI Unit UPN Veteran Jakarta menurunkan beberapa personilnya untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke berbagai titik perumahan, gedung, sekolah, tempat ibadah, dan fasilitas umum. Selain itu, dilakukan juga promosi kesehatan dan pendistribusian paket perlengkapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS kit) demi membantu masyarakat dalam hal menjaga kesehatan sebagai upaya pertahanan dari diri sendiri untuk mencegah terjangkit Covid-19.

 

KSR_PMI_1.jpg

 

(Pendistribusian PHBS kit pada 21/04/20)

 

PHBS kit berisikan peralatan seperti masker, sabun cuci tangan, dan pamflet berisi informasi tentang Covid-19. Pendistrubusian oleh KSR PMI Unit UPNVJ telah dilakukan sebanyak sembilan kali di bulan April 2020 di wilayah Jakarta Selatan. PHBS kit ini juga dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 untuk bisa menerapkan hidup bersih dan sehat selama pandemi. Selain PHBS kit, dilakukan juga pendistribusian sembako yang diharapkan mampu meringankan kebutuhan masyarakat di masa pandemi ini. Pendistribusian dilaksanakan pada 04 Mei – 06 Mei 2020 di kawasan Jakarta Selatan.

KSR_PMI_2.jpg

(Pendistribusian sembako pada 05/05/20)

 

Berbaur di tengah masyarakat yang berada di zona merah Covid-19 merupakan pengalaman berharga bagi KSR PMI Unit UPN Veteran Jakarta. Masyarakat pun merasa sangat antusias dengan adanya bantuan dan edukasi tambahan mengenai mengenai Covid-19 yang mengajarkan untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas di tengah pandemi serta langkah-langkah yang harus dilakukan jika mulai merasakan gejala virus tersebut.

 

Kontribusi KSR Unit UPN Veteran Jakarta sebagai relawan ini merupakan wujud dari prinsip kepalangmerahan, yaitu kemanusiaan dan kesukarelaan. Selain itu, kegiatan ini merupakan implementasi butir ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Adanya hal ini diharapkan kita semua dapat menjaga kesehatan diri dan bisa bersama-sama saling mengingatkan untuk hati-hati dalam beraktivitas. Mari kita perangi Covid-19 dan jadi lah relawan muda masa kini.

 

KSR_PMI_3.jpg

(Pendistribusian PHBS kit pada 13/04/20)

Berita Sebelumnya

FIKES UPNVJ Gelar Webinar Internasional “On Nutrition, Ramadhan Fasting, And Health Outcomes”

Berita Selanjutnya

Halal Bihalal Virtual UPN Veteran Jakarta