Ikuti Kemeriahan HUT RI ke-75 UPNVJ Gelar Lomba Video Kreatif

HUT_5.jpeg

HumasUPNVJ - Pada tanggal 17 Agustus, biasanya kita merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia dengan melakukan upacara bendera dan menggelar berbagai macam lomba.

Tahun sebelumnya, mulai dari makan kerupuk, balap karung, dan tarik masih banyak lomba khas yang diselenggarakan UPN Veteran Jakarta. Namun tahun ini, kita tak bisa merayakan hari kemerdekaan RI sebagaimana tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19 yang tengah melanda.

Beruntungnya dengan kecanggihan teknologi yang ada serta kreatifitas yang dimiliki, UPN Veteran Jakarta tetap bisa memeriahkan hari kemerdekaan tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Dalam hal ini, UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan Kemeriahan Kemerdekaan RI ke -75 Indonesia Maju dengan mengirimkan video kreatif dengan ketentuan perlombaan yang diperuntukan kepada seluruh tenaga kependidikan dan dosen di lingkungan UPN Veteran Jakarta, berikut ini beberapa perlombaan yang diselenggarakan ditengah pandemi Covid-19.

Lomba Baca Puisi

Lomba baca puisi dilakukan perorangan, peserta diwajibkan memakai baju daerah dengan membacakan puisi wajib berjudul Gugur Karya WS Rendra dan puisi pilihan lain. Kriteria penilaiannya dilihat dari ekspresi peserta, penampilan pakaian dan intonasi suara yang jelas.

Lomba Menyanyikan Lagu Kemerdekaan

Perlombaan ini minimal peserta berjumlah 5 orang, peserta diwajibkan menggunakan pakaian daerah dan menyanyikan lagu wajib yang berjudul Hari Merdeka Karya H. Mutahari dan beberapa lagu pilihan lain. Kriteria penilaian dalam lomba ini ialah musik suara jelas, ditampilan dengan penuh semangat dan gembira menyesuaikan lagu serta menampilkan pakaian daerah dengan video kreatif.

Lomba Busana Daerah

Menampilkan video dengan meragakan busana daerah dengan minimal jumlah peserta 10 orang dengan 10 macam baju busana. Peserta wajib menampilkan video maksimal durasi 5 sampai 10 menit dengan kriteria penilaian penampilan perorang, penampilan keseluruhan dan keanekaragaman pakaian daerah.

Melalui Kemeriahan Perlombaan HUT RI ke 75 UPN Veteran Jakarta yang dilakukan secara daring pada, Senin 17 Agustus 2020, Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati menyampaikan rasa bangganya walaupun ditengah masa pandemi saat ini, UPNVJ bisa tetap melaksanakan dan memeriahkan HUT RI ke 75.

HUT_2.jpg

“Kita memang sedang dalam masa pandemi Covid-19 tapi kita semua berdoa Negara ini bisa menjadi Negara yang kuat, mungkin berbeda ditahun sebelumnya dimana kita bisa bersama melakukan upacara bendera dan perlombaan bersama tetapi saya berharap semua bisa mengambil hikmahnya. Diusia 75 tahun Indonesia merdeka diharap kita bersama bisa berkontribusi positif. Tantangan kedepan tentunya cukup banyak dan saat ini waktunya kita berfikir dan melakukan kontribusi apa yang bisa kita lakukan untuk Negara ini” ujar Rektor.

“kita sebagai kampus Bela Negara harus bisa menjadi panutan dalam mengimplementasikan Bela Negara dalam kehidupan kita, mulai dari hal kecil saja terlebih dahulu seperti saat ini kita berkomitmen untuk melaksanakan go green di lingkungan kampus maupun di lingkuan tempat tinggal masing-masing dan kita bisa berkomitmen untuk menuntaskan tugas kita untuk memberikan yang terbaik kepada mahasiswa kita agar mereka menjadi lulusan yang sesuai harapan dan dapat bersaing di dunia industri saat ini maupun dimasa depan” tambah Rektor.

Dalam acara ini juga disampaikan tiga pemenang dari tiga kategori perlombaan sebagai berikut:

Pemenang perlombaan Baca Puisi

Juara I Lyse dosen Fakultas Ilmu Kesehatan

Juara II Disa Prihantini Kusuma dari satuan kerja AKPK

Juara III Flora dan Lina dosen Fakultas Ilmu Kesehatan

 

Pemenang Lomba Menyanyikan Lagu Daerah

Juara I Group Fakultas Ilmu Kesehatan

Juara II Group Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Juara III Group AKPK

 

Pemenang Lomba Busana Daerah

Juara I Group AKPK

Juara II Group Fakultas Ilmu Kesehatan

Juara III Group Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Para pemenang dalam kategori kelompok akan mendapatkan uang tunai sejumlah Rp 3.000.000,- untuk Juara I, Rp 2.500.000,- untuk Juara II dan Rp 2.000.000,- untuk Juara III. Sedangkan untuk kategori perorangan Juara I mendapatkan uang tunai sebesar Rp 750.000,-, Juara II mendapatkan Rp 500.000,- dan Juara III mendapatkan uang tunai Rp 300.000.-

Diakhir acara Rektor UPNVJ mengatakan “saya merasa terkejut sekali karena ditengah kesibukan yang ada teman-teman bisa menghadirkan tampilan video yang sangat luar biasa menghibur dan memeriahkan acara kemerdekaan HUT RI ke 75 tahun ini. Semoga ini menjadi motivasi setiap satuan kerja yang lain untuk bisa berkompetisi dengan kreatifitas yang dimiliki” tutup Rektor.

 

Berita Sebelumnya

Penetapan Juara Lomba Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020

Berita Selanjutnya

Selamat! Pengumuman Juara Lomba Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020