Pilih Pusat UTBK UPNVJ? Yuk Simak Hal Yang Perlu Dipersiapkan

 

HumasUPNVJ - UPN Veteran Jakarta tahun ini kembali menjadi pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang akan dilaksanakan dalam 2 gelombang.

Gelombang 1 akan dilakukan, pada Senin 12 April 2021 hingga 18 April 2021. Sementara Gelombang 2 akan dilaksanakan 26 - 30 April 2021 dan 01-04 Mei 2021.

Tercatat, jumlah yang akan mengikuti UTBK di UPN Veteran Jakarta sebanyak 15.915 peserta. Sebanyak 15.915 peserta ini terdiri dari peserta ujian Saintek (sains dan teknologi) sebanyak 5.912 orang, Ujian Soshum (sosial humaniora) 9.273 orang dan 730 peserta Ujian Campuran.

Berbagai hal sudah dipersiapkan peserta, tak hanya belajar, ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan oleh peserta UTBK 2021 agar pelaksanaan tes berjalan dengan lancar.  

 

Dokumen yang dibawa

Berikut daftar dokumen yang disyaratkan saat tes UTBK 2021:

1. Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2021.

2. Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisasi bagi Lulusan 2020 dan 2019

3. Surat keterangan Kelas 12 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, serta berisi nama siswa, NISN Siswa, NPSN Sekolah dan pasfoto berwarna siswa terbaru (3 bulan terakhir) bagi angkatan 2021.

4. Identitas diri lain seperti KTP/ SIM/ Kartu Pelajar.

 

Selain dokumen penting, persiapan lain yang perlu dilakukan ialah:

1. Pastikan untuk sampai di lokasi ujian 60 menit sebelum sesi ujian dimulai dan jangan terlambat.

2. Berpakaian rapi dan sopan (kemeja) serta bersepatu.

3. Pastikan menggunakan masker (wajib), hansanitizer pribadi (wajib), face shield (dianjurkan) dan sarung tangan (dianjurkan).

4. Membawa perlengkapan ibadah pribadi.
 

Dalam pelaksanaannya nanti pusat UTBK UPN Veteran Jakarta terbagi menjadi 2 lokasi yang berada di Kampus Pondok labu dan Kampus Limo dengan total jumlah kapasitas unit komputer sebanyak 555 unit yang terdiri 455 unit di Kampus Pondok Labu dan 100 unit di Kampus Limo, dengan total ruang ujian berjumlah 25 ruang ujian.

Terdapatnya 2 lokasi yang berbeda dalam pelaksanaan UTBK di UPN Veteran Jakarta, diharapkan para peserta dapat dengan teliti melihat lokasi ujian yang tertera pada kartu ujian agar tidak terjadi kesalahan saat datang lokasi, berikut link video denah lokasi UPN Veteran Jakarta:

1. Denah Lokasi Kampus Pondok labu: s.id/denahutbkkampuspondoklabu

2. Denah Lokasi Kampus Limo: s.id/denahutbkkampuslimo

3. Link Denah: s.id/utbkutbkupnvj21

Selain itu, sebelum memasuki lokasi ruang ujian nantinya para peserta akan melalui beberapa protokol kesehatan yang sudah diatur oleh pusat UTBK UPN Veteran Jakarta.
 


Prosedur Kesehatan dan tata cara pelaksanaan UTBK di UPN Veteran Jakarta

Pandemi COVID-19 yang masih terjadi di Indonesia bukan menjadi penghalang untuk terus berjuang menyongsong masa depan yang gemilang. Namun, beberapa penyesuaian memang wajib dilakukan guna mencegah penyebaran pada saat proses UTBK 2021 berlangsung, salah satunya dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Pusat UTBK UPN Veteran Jakarta.

Seluruh pihak berharap Calon Mahasiswa Indonesia menaati semua protokol kesehatan yang berlaku. Berikut prosedur kesehatan pencegahan Covid-19 di Pusat UTBK 2021:

1. Pengecekan suhu Apabila suhu peserta melebihi ketentuan dari protokol Covid-19 (>37,5 derajat C) tidak diperkenankan mengikuti ujian dan dipersilakan menuju ruangan khusus untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim medis.

2. Menjaga jarak minimal 1-1,5 meter.

3. Selalu menggunakan masker dan memakai hand sanitizer pribadi.

4. Pengecekan kelengkapan dokumen dan pemeriksaan lokasi ujian sesuai kartu ujian oleh petugas.

5. Mencuci tangan

6. Menuju lokasi ruang ujian dan menunggu diruang tunggu yang telah disediakan, baik saat diruang tunggu dan diruang ujian diharap para peserta melakukan pengecekan ulang berkas dokumen kembali secara mandiri.

 

Berita Sebelumnya

Persiapan PROSPEKTIV dan PKKMB 2021

Berita Selanjutnya

VLC 2021 Dibuka Oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVJ