Menyandang PTN BLU, UPNVJ Gelar Seminar Percepatan Pelaksanaan PK BLU

WhatsApp_Image_2021-06-14_at_15.21.02.jpeg

 

HumasUPNVJ - Ditetapkan UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) memberikan manfaat bagi UPNVJ untuk lebih fleksibel dalam pengelolaan keuangan.

Berubahnya status UPNVJ menjadi Badan Layanan Umum ini berdampak pada berubahnya pola perencanaan keuangan, pelayanan, dan tata kelola universitas. Di antara tiga skala prioritas tersebut yang akan dijadikan prioitas utama setelah berubahnya Unesa menjadi BLU ini adalah pola perencanaan keuangan. Dr. Prasetyo Hadi selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan mengatakan sejak ditetapkan menjadi BLU , UPNVJ saat sudah melakukan beberapa hal yaitu melaksanakan surat keputusan percepatan Pengelolaan Keuangan (PK) BLU dan SOP pengelolaan serta segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan.

“Beberapa hal yang utama lainnya adalah pengelolaan keuangan, penyusunan remunerasi, dan SOP yang berkaitan dengan prosedur yang ada. UPNVJ sudah menyusun beberapa langkah tersebut guna mempercepat PK BLU,  pesan yang selalu kami ingat dari Kemendikbud dan Kemenkeu adalah kesalahan awal akan menjadi titik tolak tentang bagaimana pengelolaan BLU UPNVJ kedepan” kata Dr. Prasetyo dalam laporannya sebagai pembuka kegiatan Seminar Percepatan Pelaksanaan PK BLU UPN Veteran Jakarta, pada Senin (14/06/21).

Sebelum dilakukannnya seminar seluruh sivitas akademika UPNVJ melakukan doa bersama melalui daring dan luring serta pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Rektor dan para Wakil Rektor UPNVJ, hal ini bertujuan dengan adanya perubahan status dapat memberikan banyak manfaat dan semua elemen bisa berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas UPNVJ.

WhatsApp_Image_2021-06-14_at_15.21.04.jpeg

Dalam seminar yang dilakukan secara daring dan luring ini, UPNVJ juga mengundang beberapa narasumber yang berpengalaman dengan pola pengelolaan keuangan BLU, diantaranya adalah Prof.Dr. Ir. Akhmad Fauzi., MMT. Rektor UPN Veteran Jawa Timur (UPNVJATIM), Dr. Ir. Sukendah., M.Sc Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Jawa Timur (UPNVJATIM), Dr. S . Martono., M.Si Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Negeri Malang (UNM) dan H.Kurnia Nugraha, ST, MT Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan Keuangan, SDM dan Fasilitas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA).

Dr. S . Martono dalam pembahasannya menekankan pada potensi dan optimalisasi bisnis usaha PTN dengan tujuan mengoptimalisasikan pemasukan untuk PTN. Hal ini dirasa hal yang terpenting bagi PTN yang berstatus BLU dimana optimalisasi bisnis internal dan eksternal PTN akan memberikan banyak manfaat untuk pemutaran atau pengelolaan keuangan.

Selain itu, hal penting lainnya disampaikan oleh Dr. Ir. Sukendah yang menekankan pada strategi peningkatan kinerja dosen untuk menentukan pemberian remunerasi.

Tidak kalah pentingnya Prof. Akhmad Fauzi Rektor UPNVJATIM yang telah lebih dulu menyandang status BLU menjelaskan tentang bagaimana memberikan perubahan mindset sivitas akademika atas perubahan status, dimana kesejahteraaan dan keadilan yang diutamakan.

H.Kurnia Nugraha, ST, asal UNTIRTA juga menambahkan perihal strategi peningkaatan kinerja pegawai dengan tujuan dapat memberikan pelayananan optimal sesuai dengan prioritas dari PTN BLU.

Dengan berbagai pembekalan yang diberikan diharapkan dapat memberikan banyak gambaran untuk seluruh elemen di UPNVJ sebagai upaya mempercepat proses perubahan pola pengelolaan keuangan dan pelayanan yang ada di UPNVJ.

Screen_Shot_2021-06-14_at_11.09.34.png

Berita Sebelumnya

Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVJ Jadi Incaran Terbanyak Pendaftar UTBK-SBMPTN 2021

Berita Selanjutnya

Pengumuman Penetapan Hasil SBMPTN 2021 Jakarta- LTMPT