Pengukuhan Guru Besar UPNVJ Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH, MH

GURU_BESAR_FH_(2).JPG

Jakarta – Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH, MH dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Ilmu Hukum UPNVJ, Rabu (21/03/18) di Auditorium Bhineka Tunggal Ika UPNVJ. Pria kelahiran Magetan, 60 tahun lalu ini dikukuhkan sebagai Guru Besar usai menyampaikan pidato ilmiahnya yang berjudul “Desain Kebijakan Penegakan Hukum Berbasis Keadilan Transformatif dalam Mewujudkan Sistem Peradilan Pidana yang Efektif dan Efisien”.

Dalam pidatonya, Bambang Waluyo menyampaikan “pemilihan judul tersebut merupakan salah satu bentuk respon sekaligus keprihatinan atas banyaknya kritik terhadap penyeleseian perkara dalam Sistem Peradilan Pidana yang acapkali memakan waktu yang lama, berbiaya mahal, rumit, dan dianggap kurang bisa memenuhi rasa keadilan masyarakat”.

Beliau juga menyampaikan “melalui penerapan keadilan transformatif maka suatu permasalahan hukum tidak hanya dilihat dalam domain hukum ansich, melainkan harus ditinjau dari perspektif yang lebih luas. Dengan demikian, maka dapat dilakukan identifikasi dan analisis secara mendalam terhadap akar penyebab terjadinya permasalahan hukum tersebut, dimana melalui hal tersebut akan dapat mengatasi permasalahan tersebut agar tidak terjadi lagi di kemudian hari” Tuturnya.

Bambang Waluyo juga menambahkan “Keadilan transformatif merupakan pendekatan yang komprehensif dan holistik yang tidak hanya berupaya mengembalikan keseimbangan diantara pelaku dan korban, tetapi juga berfokus pada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk melakukan transformasi sosial yang positif. Melalui penerapan keadilan transformatif, maka setidaknya dapat mengatasi berbagai permasalahan yang kerapkali hadir pada praktik penegakan hukum selama ini yang lebih mengedepankan kepada penjaraan dan balas dendam. Selain itu, keadilan transformatif diharapkan akan dapat tercipta suatu tatanan kehidupan yang ajeg karena akan mampu mendorong terciptanya sistem peradilan pidana yang efektif dan efisien, sehingga proses penerapan hukum tidak hanya sekedar ditujukan untuk memberikan keadilan dan kepastian hukum bagi masyarakat, tetapi juga sekaligus mampu memberikan manfaat nyata untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara” Tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Rektor UPNVJ, Direktur Jendral Sumber Daya Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Prof. dr. Ali Gufron Mukri, MSc, PhD dan Jaksa Agung RI doktor Honoris Causa, Hm. Prasetyo, SH. Ketiganya mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH, MH dan keluarga atas prestasi yang telah dicapai.

GURU_BESAR_FH_(1).JPG
Prof. dr. Ali Gufron Mukri, MSc, PhD
saat menyampaikan sambutannya

Prof. dr. Ali Gufron Mukri, MSc, PhD juga menambahkan dalam sambutannya “Semoga pengukuhan Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH, MH ini dapat menginspirasi seluruh dosen khususnya di UPNVJ ini, untuk dapat meningkatkan kualitas diri dengan melakukan Continuous Profesional Development, membangun karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat, guna mencerdaskan kehidupan bangsa” ujarnya.

Acara pengukuhan guru besar UPNVJ ini diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah dengan seluruh tamu undangan yang sekaligus memberikan selamat atas prestasi yang telah dicapai oleh Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH, MH.

 

GURU_BESAR_FH_3.jpg
Seluruh Sivitas Akademika Mengucapkan Selamat dan Sukses
kepada Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH, MH Sebagai Guru Besar 
Fakultas Ilmu Hukum UPN "Veteran" Jakarta

Berita Sebelumnya

Tata Nilai Budaya Kerja PIKIR di Lingkungan UPN Veteran Jakarta

Berita Selanjutnya

Seminar Esport Career & Demo Laptop Asus ROG (Republic Of Gamers)