Peringatan Hari Pahlawan Bukan Semata Acara Namun Sarat Makna, Bukan Hanya Prosesi Namun Subtansi

Hari_Pahlawan_10Nov_(4).JPG

HumasUPNVJ - UPN “Veteran” Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di lapangan upacara depan Gedung dr. Wahidin Sudiro Husodo  Senin (12/11/18). adapun yang bertindak selaku pembina upacara yaitu Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UPNVJ Dr. dr Prijo Sidipratomo, Sp.Rad

Tahun ini Hari Pahlawan bertema “Semangat Hari Pahlawan di Dadaku”. Di sela-sela upacara, dibacakan pesan-pesan Pahlawan Nasional, diantaranya Moh. Yamin, Jendral Sudirman, Abdul Muis, Pangeran Mangkunagara I, Gubernur Suryo, Pattimura, Ki Hajar Dewantara, dan Silas Papare.

Kemudian, Dr. dr Prijo Sidipratomo, Sp.Rad membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia bahwa, Peringatan Hari Pahlawan bukan hanya semata sebuah acara, namun harus sarat makna. Bukan pula sebatas prosesi, tetapi substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energy dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotism dalam membangun bangsa Indonesia.

Pembina upacara juga menyatakan, peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk instrospeksi diri sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur. “ Pada hakikatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir atau berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis. Ungkapnya

Selain itu Dekan FK itu juga menyampaikan, Indonesia membutuhkan sosok pemuda sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotism, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

Indonesia membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, memiliki karakter lokal yang luhur, percaya diri, dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan.
Indonesia juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi memajukan bangsa dan menfaatkan teknologi dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industry 4.0.

“pada akhirnya melalui peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini, berkontribusi bagi kemajuan bangasa, mulai dari apa yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat, dan pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,”ucap Dr. dr Prijo Sidipratomo, Sp.Rad

Selain itu sebagai penutup Dr. dr Prijo Sidipratomo, Sp.Rad mengatakan “ selamat Hari pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harus nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesitiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita.

Upacara Hari Pahlawan ini diikuti oleh seluruh pegawai, dosen dan mahasiswa UPN "Veteran"Jakarta.

Hari_Pahlawan_10Nov.JPGHari_Pahlawan_10Nov_(3).JPGHari_Pahlawan_10Nov_(2).JPGHari_Pahlawan_10Nov_(6).JPGHari_Pahlawan_10Nov_(5).JPG

Berita Sebelumnya

Lepas Sambut Rektor UPNVJ

Berita Selanjutnya

Ikuti ! Talent Fair 2018