Fakultas Kedokteran Gelar Kuliah Umum Bersama Prof.Dr.dr. Bambang Sutrisna, MD, MHSc, DrPH

HUMAS UPNVJ – Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta kembali menyelenggrakan kuliah umum IKK-IKM. Kuliah umum tersebut menghadirkan narasumber ahli dari Universitas Indonesia, yaitu Prof.Dr.dr. Bambang Sutrisna, MD, MHSc, DrPH. Kegiatan yang terbuka bagi seluruh sivitas akademika Fakultas Kedokteran UPNVJ ini diselenggarkan pada Jumat 31 Januari 2020 yang bertempat di ruangan Bhinneka Tunggal Ika lantai 4 Gedung Jenderal Soedirman UPNVJ.

FK-IKK_(6).JPG

FK-IKK_(5).JPG

Acara kuliah umum ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga menyanyikan Mars Bela Negara. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Kedokteran. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum ini dipelopori oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. dr. Ria Maria Theresa, Sp.KJ, MH yang berkoordinasi dengan Departemen Ilmu Kesehatan Keluarga dan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKK – IKM) Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta.

FK-IKK_(7).JPG

Setelah sambutan Dekan Fakultas Kedokteran, acara dilanjutkan dengan sesi paparan dan tanya jawab dengan Prof.Dr.dr. Bambang Sutrisna, MD, MHSc, DrPH. Beliau dalam paparannya menyampaikan beberapa hal terkait tema kuliah umum yaitu The Role of Doctors in Promotive and Preventive Efforts to Tackle Health Problem in Indonesia (Peran Dokter dalam Upaya Promotif dan Preventif sebagai Upaya Penanggulangan Masalah Kesehatan di Indonesia). Beliau memaparkan terkait virus corona dan upaya preventifnya. “Kalau Corona ini karena penyakit akut, jadi yang penting preventif dan promotifnya harus jalan. Kalau preventif dan promotifnya tidak jalan, apa akibatnya? Saya ingin mengajak para calon dokter ini untuk dari awal sudah menyadari hal itu.”. Beliau memaparkan, salah satu upaya preventifnya yaitu dengan menggunakan masker secara baik dan benar Ditambahkan oleh beliau, “Pakai masker yang benar itu ada teorinya. Tujuan menggunakan masker untuk apa? Untuk agar yang dari luar tidak masuk ke kita, dan dari kita tidak menular ke orang lain.”. Prof.Dr.dr. Bambang Sutrisna, MD, MHSc, DrPH, juga memberikan praktek penggunaan masker dengan melibatkan salah satu mahasiswa Fakultas Kedokteran yang hadir pada kuliah umum.

Setelah sesi tanya jawab telah berakhir, acara kemudian ditutup dengan adanya penyerahan plakad dan juga ditutup dengan pembacaan doa.

FK-IKK_(1).JPG

 

 

Berita Sebelumnya

FH UPNVJ Gelar Workshop Writing for International Journal

Berita Selanjutnya

Chyntia Ayu Tuai Prestasi di Asia Pacific Youth Exchange Philippines 2020