Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, UPNVJ Gelar Review Kurikulum Kampus Merdeka

 

HumasUPNVJ - Memasuki masa penerimaan mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta kembali membenah diri terutama dalam menyiapkan kurikulum program studi yang dirasa belum efektif dengan memfokuskan mempersiapkan mahasiswa yang kompeten dan adaptif terhadap perubahan zaman  dengan prinsip Link And Match dengan dunia industri.

Atas dasar itu UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) melalui Lembaga  Pengembangan  Pembelajaran  dan  Penjaminan  Mutu (LP3M) menyelenggarakan Review Kurikulum Kampus Merdeka (KKM) yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 3 Agustus hingga 6 Agustus 2020 dan diikuti oleh seluruh Kepala Program Studi dari lima fakultas yang tersedia di UPNVJ.

Perubahan yang signifikan di dunia industri mendorong perguruan tinggi untuk berlomba meningkatkan kualitas pembelajaran dengan tujuan menyiapkan bekal mahasiswa untuk bisa bersaing di dunia industri, dengan penguasaan Hard Skills dan Soft Skill.

Lidya Primta Surbakti, SE. MSi, Ak, CA sebagai Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M UPNVJ dalam laporannya menyampaikan “kegiatan yang kami lakukan adalah paparan KKM yang dibuat oleh setiap program studi dan direview oleh reviewer baik dari internal maupun luar negeri. Sebelumnya wakil rektor bidang akademik sudah memberikan arahan bagaimana aturan penerapan KKM di lingkungan UPNVJ dan selanjutnya Pusat Pembelajaran LP3M  mengirimkan KKM prodi dan menerima masukan dari reviewer baik dari dalam maupun Luar negeri” ucap Lidya.

LP3M_(3).jpeg

Menurut Lidya, diadakannya kegiatan ini karena UPNVJ menjadi kampus yang concern dengan perubahan kurikulum yang diwajibkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Penerapan Kurikulum Kampus Merdeka dengan tujuan agar lulusan UPNVJ agar lebih siap menghadapi persaingan global yang menuntut Profesi kedepannya merupakan gabungan dari banyak ilmu pengetahuan seperti yang disampaikan Mendikbud.   

Secara teknis Lidya menyampaikan setelah KKM di review kepala program studi dipertemukan dengan reviewer untuk diskusi mengenai masukan-masukan yang diberikan oleh reviewer sehingga KKM lebih sesuai dengan kondisi lapangan pekerjaan saat ini dan diharapkan mahasiswa UPNVJ dapat bersaing secara global.

Lidya mengatakan secara umum kegiatan berlangsung sesuai yang direncanakan yang nantinya bisa segera di implementasikan pada mahasiswa.

“Kendala secara tidak ada, dan dalam 1 minggu ini tim  memfinalisasikan KKM ini agar bisa ditetapkan dan diimplementasikan pada mahasiswa angkatan  TA 2020/ 2021” jelas Lidya.

Lidya berharap dengan penerapan KKM ini UPNVJ dapat menyiapkan mahasiswa yang mempunyai Hard Skills dan Soft Skill dan dapat cepat beradaptasi terhadap dunia usaha. Sehingga dapat berkompetisi secara global.

Berita Sebelumnya

Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru Program NERS

Berita Selanjutnya

Persiapan Kerjasama Teknik Industri UPNVJ dengan BKSTI