Pertama dalam Sejarah, UPNVJ Gelar Wisuda Daring

wisuda_65_(1).jpeg

HumasUPNVJ - Mengangkat tema “Siap Bersaing di Era Society 5.0 untuk Indonesia Maju” UPN Veteran Jakarta menggelar wisuda ke – 65. Wisuda diikuti 1.454 wisudawan terdiri atas 196 orang lulusan Diploma Tiga, 1119 orang lulusan Sarjana, 23 orang lulusan Magister, dan 116 orang lulusan Profesi.

Akibat Covid-19 masih belum menunjukan penurunan, bahkan di beberapa tempat khususnya di Jakarta tingkat positif covid 19 terus meningkat. Maka UPN Veteran Jakarta laksanakan wisuda ke - 65 kali ini secara virtual (online).

Rektor UPN Veteran Jakarta, Erna Hernawati mengatakan wisuda ini dilakukan dengan suasana yang berbeda, walaupun dilakukan tidak dapat bertatap muka diharap tidak mengurangi kekhidmatan acara.

wisudaa_65.jpg

Dalam sambutannya Erna menjelaskan revolusi industri 4.0 yang mendorong lahirnya era society 5.0 yang berbasis pada teknologi digital mendorong masyarakat untuk mengaplikasikan kemudahan teknologi tersebut dalam membangun kehidupan sehari-hari.

“Adaptasi tersebut menuntut para lulusan dan mahasiswa semua untuk menguasai keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21 sebagaimana didengungkan World economic Forum mencakup ; Critical Thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional inteligence, judgment and decision making, service orientation, negotiation skills, dan   Cognitive Flexibility” terang Erna.

“Terpenting setelah ini adalah mulai untuk  mempersiapkan diri untuk mampu belajar secara mandiri, dengan memanfaatkan segala sumber informasi yang saat ini sangat terbuka, dengan berbekalkan metode berpikir secara kritis dan ilmiah yang diperoleh selama menjadi mahasiswa. Lakukan belajar sepanjang hayat. Jangan berhenti untuk belajar, karena ketika kita berhenti belajar maka kita berhenti untuk tumbuh dan berkembang. Peningkatan kompetensi  dalam bidang keilmuan harus terus dilakukan agar saudara  memiliki daya saing, namun semua itu harus diikuti dengan selalu menjaga untuk memiliki sikap  yang positif” tambahnya.

Istimewanya pada wisuda ke – 65 ini UPN Veteran Jakarta mendapatkan ucapan dan sambutan khusus dari Sakti Wahyu Trenggo, Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

wisudaa_65_2.jpg

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil melewati proses perkulihan di UPN Veteran Jakarta.

“Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil lulus. Saya berharap pasca melangkah keluar dari kampus para lulusan dapat berkarya dan berperan aktif serta menggerakan ilmu yang telah didapatkan untuk kemajuan bangsa dan negara” ucap Sakti.

Sakti menjelaskan era digital ini adalah istilah yang diperkenalkan pemerintahan jepang sebagai visinya yaitu Sosiaty 5.0, era ini adalah era yang menjelaskan revolusi kehidupan manusia dengan adanya perkembangan revolusi 4.0. konsepnya adalah pemanfaatan teknologi yang dilakukan manusia saat ini yang tetap mempertimbangkan aspek kemanusiaan.

“Masyarakat saat ini memanfaatkan teknologi secara optimal dalam menghasilkan berbagai layanan di masa depan, perkembangan revolusi era ini merupakan perkembangan dinamika lingkungan stategis. perkembangan ini harus dipahami dengan tepat dengan ini Kemenhan RI juga terus berupaya menyempurnakan pertahanan  negara yang didasari oleh lingkungan strategis tersebut dalam menghadapi kompleksitas ancaman terkait pertahanan negara perumusan kebijakan strategis sangat dibutuhkan” tambahnya.

Sakti juga menyampaikan harapannya “para wisudawan UPN Veteran Jakarta yang lulus tahun ini sudah menjadi SDM yang berkompeten untuk itu buktikan dengan karya nyata. Tantangan bisa diatasi dengan baik jika kalian memiliki rasa nasionalis dan patriotisme yang tinggi. Saya berharap UPN Veteran Jakarta bisa terus menciptakan lulusan yang unggul dan berkompten dan hal lain yang membanggakan bahwa lembaga yang lahir dari Kemenhan RI ini bisa mengukir prestasi yang membanggakan di negeri ini dengan tetap memegang teguh komitmen dan nilai Bela Negara” tegasnya.

wisudaa_65_6.jpg

Tidak hanya pelaksanaan wisuda daring yang biasa saja, menariknya pada wisuda ke-65 para panitia juga menghadirkan berbagai penampilan menarik tarian tradisional, lantunan lagu daerah dan lagu masa kini yang disuguhkan untuk menambah semangat para wisudawan dan orang tua. Tak cukup hanya itu panitia juga memberikan give away dengan hadiah yang cukup menarik yaitu 6 smartphone dan 1 laptop yang dibagikan kepada para wisudawan yang beruntung. Give away dilakukan dengan cara memutarkan lucky spin yang dapat dilihat seluruh peserta wisudawan. Hadiah ini menambah euforia dan semangat para peserta wisudawan, karena ini yang pertama dilakukan dalam pelaksanaan wisuda.

Dengan selesainya pelaksanaan wisuda ke – 65 ini, akan menjadi sejarah pelaksaan wisuda daring pertama yang dilaksanakan UPN Veteran Jakarta. Rasa bahagia atas peraihan yang telah diraih dan rasa khidmat prosesi semoga akan tersampaikan dan selalu menjadi kenangan bagi para wisudawan.

wisudaa_65_5.jpg

 

 

 

Berita Sebelumnya

Kali Pertama UPNVJ akan Gelar Wisuda Secara Daring

Berita Selanjutnya

Berburu Lowongan Kerja, UPNVJ Buka Jobfair Online