Bangga! Mahasiswi FK UPNVJ Tembus Publikasi Jurnal Scopus Q1

 

HumasUPNVJ - Kabar membanggakan kembali datang dari mahasiswi Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta (FK UPNVJ) angkatan 2017 Tiara Josephine Gracienta. Ia berhasil publikasi jurnal internasional dan mencapai ranking Scopus Q1 sebagai first author.

Scopus menggunakan parameter pemeringkatan yang disebut Scimago Journal & Country Rank atau SJR. SJR dihitung berdasarkan jumlah kutipan rata-rata per artikel yang diterbitkan dalam suatu jurnal dalam tiga tahun terakhir dari database Scopus.

Dalam penilaian jurnal, Scopus membuat klasterisasi kualitas jurnal, Q1 adalah klaster paling tinggi dari segi kualitas jurnal, kemudian diikuti Q2, Q3, dan Q4.

Tiara Josephine Gracienta yang biasa disapa Tiara berhasil menyelesaikan jurnalnya yang berjudul Diagnostic Accuracy of Antibody-based Rapid Diagnostic Test in Detecting Coronavirus Disease 2019: Systematic Review. Dengan capaian yang Tiara capai merupakan sebuah milestones bagi dunia pendidikan kedokteran di Indonesia karena Tiara masih menjadi mahasiswa aktif dan sudah memiliki publikasi internasional.

“Topik penelitian jurnal ini berkembang dari hasil Skripsi saya untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran. Awalnya, jurnal penelitian ini hanya ingin disubmit di jurnal nasional saja, namun berkat bimbingan dosen pembimbing dan dosen penguji saya serta dukungan yang luar biasa, akhirnya memberanikan diri mengemas jurnal ini untuk dipublikasikan di jurnal internasional bahkan scopus Q1” kata Tiara kepada tim humas pada, Rabu (21/04/21).

Tiara juga menjelaskan penelitian yang dilakukan betujuan untuk mengetahui seberapa akurat rapid test antibodi dalam mendeteksi COVID-19 yang populer digunakan secara luas di dunia. Metode penelitiannya adalah Systematic review, dimana peneliti mengumpulkan data penelitian-penelitian terdahulu, kemudian mengidentifikasi, menginterpretasi, serta mengevaluasi hasil penelitian secara sistematis.

Dalam prosesnya Tiara mengaku tidak lepas dari dukungan berbagai pihak dukungan tidak hanya hadir dari orangtua, melainkan dari dr. Ryan Herardi selaku dosen pembimbing, dr. Yanto Sandy Tjang selaku dosen penguji (pembimbing 2), serta dr. Taufiq Fredrik Pasiak Dekan FK UPNVJ dan Prof. Frans Santosa yang merupakan Ketua Senat UPN Veteran Jakarta.

Tidak hanya itu, Tiara juga menyampaikan pesan untuk para rekan mahasiswa lain yang ingin mengikuti jejaknya.

“Semua bisa dimulai dari penelitiannya, tujuan dan scope nya harus jelas, cari yang hot topic dan novelty atau sesuatu yang kontroversial yang nantinya kita bisa kasih suatu kesimpulan untuk meluruskan hal yang kontroversial tersebut. Kemudian pelajari dan pahami struktur penulisan artikel yang baik, bedah artikel-artikel yang sudah dipublikasikan. Terakhir yang tidak kalah penting adalah niat kita sendiri, jangan hanya ingin mengejar lolos publikasi, tapi usahakan bagaimana penelitian ini dapat berdampak bagi masyarakat luas. Niat yang baik pasti akan Tuhan tolong” pesan Tiara

Ia juga berharap semoga salah satu keberhasilan ini menjadi semangat yang besar untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

“Semakin semangat untuk belajar dan terus belajar. Semoga selanjutnya lebih banyak lagi publikasi yang jauh lebih baik, serta lebih banyak prestasi yang diraih yang juga dapat mengharumkan almamater. Mungkin motivasi dari salah satu pembimbing yang selalu saya ingat dapat menambah semangat rekan mahasiswa dosen saya mengatakan adalah Gantungkanlah harapanmu setinggi langit, kalau jatuh kamu masih di awan. Kalau cuma setinggi meja, kamu kalau jatuh langsung ke lantai. Kamu yang menentukan mau setinggi apa kamu terbang. Kalau mau 'top' harus usaha lebih keras. Kalau usahanya asal-asalan ya hasilnya juga asal-asalan” tambahnya.

 

Berita Sebelumnya

Tak Ada Kendala yang Berarti, UTBK 2021 Gelombang 1 Berjalan Lancar di UPNVJ

Berita Selanjutnya

Niat Baik Berbuah Prestasi, Mahasiswi Fisip UPNVJ Juarai Moestopo MUN 2021