Launching Pelatihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan Bela Negara Indonesia

DSC02262.JPG

HumasUPNVJ - (Press Release - Surabaya, 23 April 2021) Para mahasiswa harus disiapkan menjadi generasi yang terampil, inovatif, ulet, dan pejuang serta pemimpin sejati. Kebutuhan ini disadari betul oleh berbagai elemen pemerintahan dan pemimpin pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah diluncurkannya Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB-KM) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Permendikbud No 3 Tahun 2020. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

DSC02195.JPG

Sinergi dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pertahanan mempunyai kebijakan-kebijakan terutama yang menyangkut hak dan kewajiban warga negara (termasuk para mahasiswa) dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Dalam rangka memberikan hak dan kewajiban setiap warga negara dalam upaya pembelaan negara, terutama generasi muda, maka Kementerian Pertahanan meluncurkan Kebijakan Komponen Cadangan (KOMCAD). Kebijakan ini 2 dirancang dalam Peraturan Menteri Pertahanan No.4 Tahun 2021 tentang Kurikulum Pelatihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan.

Bentuk pembelajaran Program Pelatihan Dasar Militer Komponen Cadangan-Bela Negara (Latsarmil Komcad-Bela Negara) adalah Pendidikan yang dikemas dalam Kurikulum Pelatihan Dasar Militer Kompnen Cadangan. Program ini merupakan bagian dari kegiatan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, yaitu mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar di luar kampus selama 2 (dua) semester dimana kegiatan tersebut diakui oleh perguruan tinggi sebagai bagian dari kurikulum masing-masing prodi. Lama Pendidikan dilakukan selama 12 minggu atau setara dengan 600 Jam Pelajaran (JP). Program Pelatihan Komponen Cadangan-Bela Negara dilaksanakan di Satuan atau Lembaga Pendidikan TNI.

DSC01983.JPG

Sehubungan dengan hal tersebut, UPN “Veteran” Jawa Timur, UPN “Veteran” Yogyakarta, UPN “Veteran” Jakarta bersama Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan akan melaksanakan kegiatan LATSARMIL Komponen Cadangan Bela Negara Indonesia.

Launching Kegiatan LATSARMIL Komponen Cadangan Bela Negara Indonesia akan dilaksanakan pada hari jumat, tanggal 23 April 2021 Auditorium Widya Mwat Yasa lantai 6 di Gedung Kuliah Bersama UPN “Veteran” Jawa Timur Jl. Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya. Acara dimulai pukul 14.00 WIB dan dapat disaksikan di Channel Youtube UPN Veteran Jawa Timur Official.

 

 

Contact Person : Rudijanto

No. Hp                : +62 858-5019-6963

Email                 :humas@upnjatim.ac.id

Berita Sebelumnya

Tangis Pejuang UTBK di UPNVJ, Hampir tidak bisa Ikut Ujian Akibat Kehilangan Seluruh Dokumen Wajib

Berita Selanjutnya

Bangga! UPNVJ Peroleh Paten Granted