Workshop Academic Writing: Useful Technology Applications in Research Paper Writing

HumasUPNVJ - UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan Workshop Academic Writing dengan mengusung tema “Useful Technology Application in Research Paper Writing” yang mengadirkan Ardian W. Setiawan, S.S., M.Ed., Ed.D. sebagai narasumber dan dimoderator oleh Puri Bestari Mardani, M.Si., M.Hum, selaku dosen FISIP UPNVJ. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui Zoom Meeting yang dihadiri 50 peserta yang dari perwakilan dosen setiap fakultas. (23/10)

Dr. Antar Venus, MA, Comm Wakil Rektor Bidang Akademik dalam sambutannya, Beliau mengharapkan dengan acara seperti ini, dosen-dosen UPNVJ tidak ragu lagi untuk mencoba menulis karya ilmiah dalam bahasa Inggris dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Semoga karya ilmiah dosen-dosen UPNVJ diterima oleh komunitas ilmiah global.

6_-_M._Rafiq.png

Ardian Setiawan dalam paparannya menjelaskan banyak hal, dimulai dengan membahas terkait para pakar bertaraf international sampai dengan memberikan informasi terkait cara mengatasi masalah dalam penulisan, “Kesulitan dalam penulisan ilmiah sering kali disebabkan karena kurangnya membaca sumber-sumber terpercaya. Cara mengatasi masalah dalam penulisan adalah dengan banyak membaca, karena pembaca yang baik adalah juga penulis yang baik. ada beberapa cara mengatasi masalah dalam penelitian diantaranya, Critical Reading, Rhetorical Reading, Menulis sambal menerjemahkan menggunakan google docs, Meringkas artikel dengan cepat, Menggunakan kamus digital, Mengorganisir dan menyimpan kutipan penting,  Mengelola dan mencari referensi untuk mempermudah mengisi daftar Pustaka, Membuat grafik/ilustrasi dan menggabungkan data collection”, jelasnya

Tujuan kegiatan ini diselenggarakan untuk mendapatkan informasi mengenai program aplikasi yang berguna untuk penulisan karya ilmiah. Peserta akan praktik langsung menggunakan aplikasi-aplikasi yang terhubung, serta dapat mengedukasi/memberikan wawasan lebih mengenai program aplikasi yang akan sangat membantu penulisan karya ilmiah khususya yang berbahasa Inggris.

Dengan kegiatan ini, diharapkan dosen-dosen yang hadir pada meeting tersebut akan memiliki tambahan informasi terkait dengan aplikasi yang bisa membantu proses penulisan karya ilmiah berbahasa Inggris agar dosen bisa produktif menulis jurnal bertaraf internasional dan menularkan pengetahuan ini ke mahasiswa.

9_-_M._Rafiq.jpg

Berita Sebelumnya

Ingin Tingkatkan dan Pertahankan Akreditasi, LP3M UPNVJ Gelar Sosialisasi ISK & IPEPA

Berita Selanjutnya

UPNVJ Peringati Sumpah Pemuda, Rektor Beri Penghargaan Mahasiswa Pemenang PON XX Papua dan Peserta Komponen Cadangan