Dikwal Gelombang 2 UPN Veteran Se-Indonesia Ditutup oleh Rektor UPNVJ

HumasUPNVJ - Pendidikan Awal Bela Negara (Dikwal) yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran Se-Indonesia telah dilaksanakan selama enam hari lamanya dimulai dari hari Minggu 21 November 2021 sampai dengan hari Jumat 26 November 2021.

Kegiatan Dikwal ditutup oleh Rektor UPN Veteran Jakarta, Dr. Erna Hernawati dan di akhiri oleh pengumuman peserta terbaik hingga penampilan yel-yel dari 160 peserta.

IMG_2315.JPG

“Sasaran utama dari kegiatan DIKWAL ini memang bukan hanya sebatas untuk memberi pemahaman atas konsep bela negara, tetapi lebih mendorong terbangunnya sikap loyal terhadap institusi, loyal kepada pimpinan, terbangun sikap disiplin terhadap aturan-aturan yang ada, membangun jiwa korsa dan  jiwa kebersamaan, saling support, belajar untuk tidak banyak bicara tidak pada tempat dan waktunya, saling menghormati. Kita belajar untuk menghormati lambing-lambang negara, menghormati semua pemberian Tuhan sekecil apapun. Hal-hal ini saya yakini akan mendorong tumbuhnya nilai-nilai bela negara secara konkrit”, ucap Erna

Dalam suasana pendidikan di lingkungan militer banyak hal baik yang bisa menjadi bekal sivitas UPN untuk mengimplementasikan nilai-nilai bela  negara secara konkrit tidak hanya sekedar jargon mengucapkan salam bela negara dalam berbagai kesempatan. Dari kegiatan-kegiatan yang tampaknya sederhana, sebetulnya terkandung makna, filosofi yang luhur bagi orang-orang yang memiliki kepekaan dan memiliki rasa. Misalnya, dalam kegiatan baris berbatris, dalam peraturan baris berbaris terdapat filosofi kebersamaan dan kekompakan yang merupakan dasar dari disiplin, dan selalu fokus. Kebersamaan, kedisiplinan, fokus adalah modal dasar dalam menjalankan organisasi UPNV, munculnya kesadaran untuk bahu-membahu membangun UPN Veteran yang lebih maju, dan lebih cepat dalam mewujudkan visi. Dalam baris berbaris, sebagai anggota kita belajar untuk  menghormati dan mematuhi siapa pemimpin kita, siapa komandan kita. Sebaliknya, jika sedang berada di posisi memimpin, kita harus mengerti juga kemampuan dari yang kita pimpin. Kita harus bisa mengoptimalkan kemampuan orang-orang yang kita pimpin,” Lanjutnya

“Harapan saya, diklat bela negara yang singkat ini bukan menjadi akhir dari membangun komitmen kita terhadap nilai-nilai bela negara, tapi jadikan ini menjadi awal tekad, semangat untuk kita menjadi kader-kader bela negara dimanapun kita berada, dalam tugas sebagai dosen maupun tendik. Persatuan, kesatuan, kemajuan NKRI menjadi tanggungjawab bersama. Dengan itu kita akan menjadi manusia-manusia yang memberi kemanfaatan bukan hanya untuk diri sendiri saja, tetapi kemanfaatan untuk bangsa dan negara. Dan itu makna keberadaan kita,” tutup Rektor UPNVJ dalam sambutannya penuh harap.

IMG_2304.JPG

IMG_2350.JPG

 

 

Berita Sebelumnya

Tidak Ada Kekerasan, Para Peserta Dibekali Materi Bela Negara, Ini Kata Pelatih

Berita Selanjutnya

Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, UPNVJ Launching UPNVJStore