UPNVJ Gelar Dies Natalis ke – 44, Rektor Sampaikan Peningkatan dalam Berbagai Bidang

Dies_44_UPNVJIMG_2857.JPG

HumasUPNVJ - Tahun ini merupakan tahun transisi dalam memperingati hari jadi UPN Veteran Jakarta (UPNVJ). Khusus tahun ini UPNVJ memperingati hari jadi atau Dies Natalis sebanyak 2 (dua) kali yakni tanggal 7 Januari 2021 yang lalu, dan hari ini tanggal 30 November 2021.

“UPN Veteran Jakarta secara resmi pertama kali digunakan melalui keputusan Menteri Pertahanan No. Skep/1555/1977 yang mengubah nama Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) “Veteran” cabang Jakarta menjadi UPN Veteran Jakarta sebagaimana kita gunakan saat ini” ujar Rektor UPNVJ Dr. Erna Hernawati., Ak., CPMA., CGOP., dalam pidatonya di Senat Sidang Terbuka di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, pada Selasa (30/11/21).

Dies_44_UPNVJWhatsApp_Image_2021-11-30_at_15.44.58.jpeg

Selain rektor, dalam acara ini Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan Dr. Prasetyo Hadi., MM., CFMP melakukan orasi ilmiah yang diawali dengan pembacaan doa bersama yang ditujukan kepada rekan dan para mahasiswa yang telah gugur dalam melawan Covid-19 dan meninggal dunia karena hal lain. Doa dikhususkan pula untuk salah satu mahasiswa UPNVJ yang meninggal dunia dalam perjuangannya di pembaretan Resimen Mahasiswa (MENWA).

Secara teknis kegiatan dilakukan secara online dan offline untuk melakukan pembatasan jumlah yang hadir dalam satu ruang untuk menjaga protokol kesehatan yang maksimal.

Dies Natalis ke – 44 UPNVJ kali ini mengangkat tema “Better, Faster, be a WINNER”. Tema tersebut diusung dengan mempertimbangkankan tantangan eksternal yang dihadapi perguruan tinggi saat ini. Perguruan tinggi saat ini harus menjadi organisasi yang dinamis, responsif, adaptif, akseleratif dan menjadi rujukan inovasi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam kesempatan yang istimewa ini Rektor UPNVJ menyampaikan beberapa hal penting tentang perubahan status universitas, peningkatan serta tindak lanjut kinerja yang harus dilakukan kedepan.

“Terkait dengan kelembagaan, dapat saya sampaikan bahwa terhitung 29 Mei 2021 status pengelolaan UPNVJ berubah dari lembaga lingkup satuan kerja (Satker) menjadi lingkup pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) yang lebih mengutamakan pelayanan yang maksimal kepada stakeholder sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM)” jelas Rektor.

Rektor juga mengumumkan tentang penambahan serta usulan program studi baru yang telah disiapkan UPNVJ untuk rencana dalam waktu dekat ini antara lain S2 Akuntansi, S3 Ilmu Hukum, S1 Sains Informasi, S2 Komunikasi, S2 Ilmu Politik, S2 Hub. Internasional, S1 Siber Security dan S1 Rekayasa Multimedia

“UPNVJ telah melakukan permohonan pembukaan prodi baru S1-Fisioterapi FIKES, dan alhamdulillah persetujuan telah didapatkan melalui Kepmendikbud Nomor 409/E/O/2021 tanggal 22 September 2021 tentang izin pembukaan prodi Sarjana Fisioterapi” ungkap Rektor.

Dalam bidang pendidikan Rektor mengungkapkan tahun 2021 UPNVJ sudah melaksanakan dan memaksimalkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Kemendikbud. Terdata UPNVJ juga memiliki banyak peningkatan pada jumlah mahasiswa, jumlah peserta MBKM, kegiatan MBKM mandiri dan video pembelajaran yang diproduksi oleh dosen UPNVJ sendiri.

Sebagai upaya melaksanakan proyek kemanusiaan, UPNVJ juga berusaha membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dengan menggelar central vaksin yang bekerjasama dengan berbagai pihak yang antara lain Podal Metro Jaya, Kemendikbud dan Puskesmas Cilandak.

Berkaitan dengan perkembangan sumber daya manusia (SDM), UPN Veteran Jakarta terus berupaya untuk mengembangkan SDM Dosen dan Tendik yang ada agar dapat sejalan dengan target menjadi Universitas unggul berkualitas Internasional. Peningkatan SDM pada tahun ini ada pada aspek jumlah guru besar, jumlah dosen S3, Dosen dengan studi lanjutan S3, Dosen yang menguikuti hibah riset internasional berjumlah 9 orang, Dosen ikut hibah non riset berjumlah 129 orang, dosen yang mengikuti MBKM dan sertifikasi tenaga pendidikan mengalami peningkatan.

Tidak hanya itu, peningkatan UPNVJ juga terdapat dari sarana prasarana dengan adanya pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran, penambahan kelas Hybrid, penambahan dua laboraturium, dan penambahan luas tanah.

Rektor berharap peningkatan terus dilakukan dengan tidak hanya tanggung jawab beberapa bidang, namun peningkatan UPNVJ merupakan tanggung jawab semua sivitas akademika UPNVJ.

Dies_44_UPNVJWhatsApp_Image_2021-11-30_at_15.36.40.jpeg

Berita Sebelumnya

Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, UPNVJ Launching UPNVJStore

Berita Selanjutnya

Rektor UPNVJ Temui Mahasiswa terkait Kematian Menwa