Peringati Hari Bela Negara, Tiga UPN Veteran Laksanakan Upacara Bersama

HumasUPNVJ - Seperti yang kita ketahui, 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara (HBN). Peringatan ini bersumber dari deklarasi Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang dibentuk pada 19 Desember 1948 oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat. (asahankab.go.id)

Sebagai kampus bela negara, UPN Veteran Jakarta bersama UPN Veteran Jawa Timur dan UPN Veteran Yogyakarta melaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara yang diselenggarakan di UPN Veteran Yogyakarta yang dihadiri oleh pimpinan universitas, perwakilan dosen dan tenaga kependidikan dari masing-masing UPNV. (19/12)

 

Peringatan Hari Bela Negara tahun 2021 ini mengambil tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut mengisyaratkan agar seluruh rakyat Indonesia bisa mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta untuk tetap tumbuh bersamma-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju. 

 

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Prof. Ir. Irhas Effendi selaku Rektor UPNV Yogyakarta, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat bela negara.

“Tugas Bela Negara bukan hanya tugas TNI dan Polri semata. Namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia, sebagai bagian dari komponen bangsa. Untuk itu saya mengajak kita semua untuk bersama-sama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing”, ucap Rektor UPNVYK menyampaikan amanat Presiden Jokowi.

 

 

Berita Sebelumnya

Dr. dr. Basuki Dosen FK UPNVJ Gelar Khitan Massal dengan Metode smartclamp

Berita Selanjutnya

Maknai Hari Bela Negara, UPN Veteran Lakukan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Kusuma Negara Yogyakarta