LPPPM UPNVJ Gelar Workshop kurikulum berbasis OBE

 

HumasUPNVJ - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) menggelar Workshop Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE), pada Senin (23/05/22).

Kegiatan istimewa yang dihadiri para wakil dekan, para kepala jurusan dan kepala program studi ini, berlangsung di Auditorium Fakultas Kedokteran UPNVJ dengan mengundang narasumber Prof. Dr. Edy Cahyono, M. Si. yang merupakan dosen dan guru besar Universitas Negeri Semarang.

OBE_LP3M_WhatsApp_Image_2022-05-23_at_3.01.07_PM.jpeg

Workshop ini kita lakukan agar kita bisa memahami betul bagaimana mengintegrasikan capaian pembelajaran lulusan dann capaian pembelajaran mata kuliah dengan visi dan misi universitas. Sehingga ini bisa menyempurnakan kurikulum kita saat ini,” ucap Satria Yudhia W., S.E., MS. Ak. Kepala LP3M UPNVJ dalam sambutannya.

Dalam hal ini Wakil Rektor Akademik UPNVJ, Dr. Antar Venus, MA, Comm mengatakan bahwa UPNVJ memiliki komitmen untuk melakukan transformasi, termasuk untuk aspek kelembagaan.

OBE_LP3M_WhatsApp_Image_2022-05-23_at_3.01.07_PM_(1).jpeg

“Akreditas adalah sasaran yang paling penting bagi kita. Di renstra kita sudah tetapkan bahwa target kita adalah akreditasi unggul untuk universitas. Salah satu cara yang harus kita tempuh untuk mendapatkan akreditasi unggul itu adalah dengan menempuh akreditasi internasional. Kita sudah 60-70% berjalan sejak beberapa bulan yang lalu dan semuanya on the track” ujar Antar Venus.

Perlu dipahami, Outcome-Based Education (OBE) adalah kurikulum yang berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan. OBE mengukur hasil pembelajaran (Outcome) dan memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka pada level internasional.

OBE sendiri adalah sebuah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran yang inovatif, interaktif, serta efektif. Pendekatan OBE ini mempengaruhi keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum; perumusan tujuan dan capaian pembelajaran; strategi pendidikan; rancangan metode pembelajaran; prosedur penilaian; dan lingkungan/ekosistem pendidikan.

OBE_LP3M_WhatsApp_Image_2022-05-23_at_3.01.07_PM_(2).jpeg

Berita Sebelumnya

UTBK Hari Ketiga di UPNVJ: 217 Peserta dinyatakan Gugur

Berita Selanjutnya

Antusiasme Peserta UTBK – SBMPTN 2022 di UPNVJ