Kuatkan Jiwa Bela Negara, Puska UPNVJ, Luncurkan Dua Buku Bela Negara

HumasUPNVJ - Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. UPN “Vetaran” Jakarta, sebagai salah satu kampus berciri bela negara tentu saja sangat menjaga nilai-nilai bela negara ini dari berbagai aspek, sehingga nilai-nilai tersebut tidak luntur. Salah satu implementasi dari hal tersebut adalah dengan diluncurkannya dua buku bertema bela negara.

Bertempat di Auditorium DR. Wahidin Sudirohusodo, Kamis (22/2), peluncuran buku yang berjudul ‘Bela Negara Dalam Perspektif Publik’ dan ‘Menalar Bela Negara: Survei Persepsi Masyarakat Indonesia Terhadap Bela Negara di Era Digital’  ini dikemas dalam acara bedah buku yang dihadiri oleh para narasumber, yaitu Tenaga Profesional Bidang Ideologi dan Sosial Budaya Lemhanas, Albertus Magnus Putut Prabantoro,  Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susesty dan akademisi, Ujang Komarudin.

WhatsApp_Image_2022-12-24_at_14.11.08_(1).jpeg

Hadir sebagai Kepala Puska Bela Negara UPNVJ, Dr. Ridwan menyatakan, dalam sambutannya, bahwa tujuan diluncurkan buku ini adalah untuk membangun dan menguatkan jiwa bela negara. “Maka dari itu dengan buku-buku ini kami berharap bisa membangun dan menguatkan jiwa bela negara seluruh kalangan muda dan umumnya seluruh masyarakat Indonesia melalui berbagai upaya konstruktif dan partisipatif,”

Pembicara lain dari Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susesty mengharapkan buku ini dapat memberi kontribusi dalam menjaga kedaulatan NKRI. Dia menekankan perlunya membahas secara khusus berkenaan dengan digitalisasi bagi keutuhan bangsa, aspek bahaya teknologi serta adanya ideologi yang tersembunyi.

Di kesemptan yang sama , pembicara lain, Romo Benny Susesty mengharapkan buku ini dapat memberi kontribusi dalam menjaga kedaulatan NKRI. Sedikit catatan dia, perlunya membahas secara khusus berkenaan dengan digitalisasi bagi keutuhan bangsa, aspek bahaya teknologi serta adanya ideologi yang tersembunyi.

Dua buku Bela Negara terbitan Nusantara Publishing ini merupakan hasil riset para dosen UPNVJ yakni Anwar Ilmar, Asep Kamaluddin Nashir, Chairun Nisa Zempi, Danis TS Wahidin, Kusumajanti, Laode Muhamad Fathun, Munadhil Abdul Muqsith, Ridwan, Rizky Himawan dan Azwar.

WhatsApp_Image_2022-12-24_at_14.11.08.jpeg

Berita Sebelumnya

DIKWAL 2022 UPN VETERAN Resmi Ditutup

Berita Selanjutnya

Rektor Lakukan Pemancangan Batas Aset Tanah Kampus UPNVJ di Tanjungsari, Bogor