UPNVJ Sosialisasikan Mekanisme SNPMB 2023 Bersama BP3 dan 22 PTN

IMG_4768.JPG

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ), atas penunjukan dari Badan Pengelola Pengujian Pendidikan (BP3), menjadi tuan rumah sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 bersama 22 perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh puluhan sekolah menengah dari seluruh Indonesia secara luring dan daring di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, Kampus UPNVJ Pondok Labu, Jakarta Selatan, Kamis (8/12/2022).

IMG_9826.JPG

“Kegiatan ini adalah ajang silaturahmi sekaligus menambah pengetahuan seluruh peserta yang hadir. Kami berharap acara ini membuka khazanah informasi mengenai SNPMB 2023 dan silaturahmi antara BP3, perguruan tinggi, sekolah, guru, ataupun pihak lain yang terlibat,” kata Rektor UPNVJ Dr. Anter Venus, MA.Comm dalam sambutan pembukaannya

Venus mengatakan perubahan mekanisme penerimaan mahasiswa baru dalam SNPMB 2023 perlu diketahui dan dicermati semua pihak. Para guru sekolah menengah yang hadir harus memberikan informasi kepada para siswa di sekolahnya masing-masing.

Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS., DEA., IPU mengatakan terdapat beberapa perbedaan dalam mekanisme penerimaan mahasiswa baru pada 2023.

“Bila sebelumnya tidak menerima pilihan untuk D-3 dan D-4, maka tahun ini peserta bisa memilih untuk masuk D-3, D-4 serta sarjana. Selain itu, memungkinkan siswa dari jurusan IPA untuk memilih jurusan IPS, begitu pula siswa IPS bisa memilih berbagai jurusan IPA. Tentu saja pilihan tersebut harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan tanggung jawab,” katanya.

Budi meminta para guru dan masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi simpang siur yang beredar. Dia menjamin bahwa informasi yang disampaikan dalam acara tersebut adalah informasi yang dipastikan 100 persen benar.

BP3 telah meluncurkan program SNPMB sejak 1 Desember 2022. Untuk menginformasikan tentang perubahan mekanisme penerimaan mahasiswa baru, BP3 telah menunjuk delapan perguruan tinggi negeri untuk menjadi tuan rumah sosialisasi tentang SNPMB.

UPNVJ menjadi tuan rumah untuk sosialisasi di Region 3 Jakarta yang diikuti 22 perguruan tinggi lain dari berbagai wilayah, yaitu Universitas Negeri Jakarta, Universitas Terbuka, Politeknik Negeri Media Kreatif, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Sambas, Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Tanah Laut, Politeknik Negeri Banjarmasin, dan Universitas Lambung Mangkurat.

IMG_0098.JPG

Kemudian, Universitas Palangka Raya, Institut Teknologi Kalimantan, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Universitas Mulawarman, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Andalas, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Politeknik Negeri Nunukan, dan Politeknik Negeri Ketapang.

Selain Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS., DEA., IPU, hadir sejumlah narasumber lain, yaitu Wakil Ketua 1 SNPMB Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H,  dan Kepala Pusat Asesmen Pendidikan, BSKAP Kemendikbudristek Asrijanty, Ph.D.

IMG_9980.JPG

WhatsApp_Image_2022-12-08_at_14.04.12.jpeg

 

Berita Sebelumnya

UPNVJ Terima Penghargaan Atas Kolaborasi Huawei ICT Academy 2022

Berita Selanjutnya

200 Guru Ikut Sosialisasi SNPMB 2023 di UPNVJ