LP3M Laksanakan In House Training: Design Thinking dan Praktiknya dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)

HumasUPNVJ -  Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) baru saja mengadakan acara In House Training yang bertema "Design Thinking dan Praktiknya dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)". Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menghasilkan pemikiran inovatif dan menerapkan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Design Thinking.

Acara In House Training ini mengangkat pentingnya model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media pembelajaran. Melalui pendekatan ini, setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk menggali materi dengan cara yang bermakna bagi dirinya sendiri dan berkolaborasi dengan sesama mahasiswa. Pembelajaran berbasis proyek memungkinkan para mahasiswa untuk melakukan investigasi mendalam tentang topik dunia nyata, memberikan pengalaman berharga yang dapat meningkatkan kemampuan dan usaha belajar para mahasiswa.

Design Thinking juga menjadi fokus utama dalam acara ini. Design Thinking merupakan serangkaian pola pikir dengan tahapan action plan yang membantu para akademisi dalam memecahkan permasalahan, meningkatkan kepuasan stakeholder, dan menghasilkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggabungkan konsep Pembelajaran Berbasis Proyek dan Design Thinking, diharapkan para dosen dapat menerapkan pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran di lingkungan Perguruan Tinggi.

Satria, Kepala LP3M UPNVJ, menyatakan, "In House Training ini diselenggarakan untuk membantu akademisi dalam menghadapi berbagai tantangan, serta memberikan wawasan dan keterampilan dalam menerapkan metode Design Thinking dalam pembelajaran berbasis proyek."

Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menghasilkan dan memilih pemikiran inovatif dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan pendekatan Design Thinking.

Kegiatan ini melibatkan perwakilan dosen dari berbagai fakultas di lingkungan UPNVJ. Masing-masing fakultas menugaskan 10 dosen yang terdiri dari Koordinator Program Studi, GKM, dan Dosen Koordinator Mata Kuliah.

Sebagai narasumber dalam acara ini, hadir Dr. Dwi Indra Purnomo, STP. MT, Deputi Director of Indonesia Creative Cities Network dan Peraih Penghargaan Anugerah Prakarsa. Beliau akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai penerapan Design Thinking dalam pembelajaran berbasis proyek.

In House Training ini dilaksanakan di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, Gedung Rektorat Lt. 4, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dan berlangsung sejak pukul 08.00 – 16.00.

DSC09028.JPG

Berita Sebelumnya

Bidang Kemahasiswaa UPNVJ Gelar Workshop Kesehatan Global Bersama Profesor Don-Eliseo Lucero-Prisno III

Berita Selanjutnya

UPNVJ dan Murdoch University Jajaki Kerja Sama Kurikulum dan Pertukaran Dosen