Penyelenggaraan Tes Kesehatan Bagi CAMABA Jalur SEMA UPNVJ 2023

HumasUPNVJ – Hasil penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri UPN “Veteran” Jakarta (SEMA UPNVJ) Tahun 2023 telah diumumkan pada 11 Juli kemarin. Tercatat ada 1114 calon mahasiswa baru yang lolos jalur SEMA UPNVJ ini. Setelah dinyatakan lolos, calon mahasiswa baru harus mengikuti prosedur penerimaaan seperti yang telah ditetapkan universitas.

Sama seperti halnya penerimaan jalur SNBP dan SNBT, bagi peserta SEMA yang dinyatakan lolos wajib melakukan tes kesehatan dan tes bebas narkotika serta obat/nahan berbahaya yang diselenggarakan oleh UPNVJ sesuai dengan jadwal yaitu pada ini, Rabu, 12 Juli 2023. Pelaksanaan tes berlokasi di Gedung Medical Education and Research Center (MERCe) UPNVJ Lt. 3 dan 4, Kampus UPNVJ Limo, Depok.

Pelaksanaan pada tes kesehatan ini pada dasarnya dikhususkan bagi calon mahasiswa baru program studi S-1 Kedokteran dan S-1 Farmasi. Tujuannya untuk mengecek peserta yang bersangkutan mengalami masalah buta warna atau tidak. Hal ini tentunya sangat penting untuk diketahui mengingat program studi yang dipilih.

IMG_0189.JPG

Sementara itu, tes bebas narkotika dan obat/nahan berbahaya diperuntukkan untuk seluruh program studi tanpa terkecuali. Sesuai dengan namanya, tes ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan narkotika dan obat/bahan berbahaya dalam tubuh peserta. Pemeriksaan dilakukan melalui tes urine dengan meliputi pemeriksaan 6 parameter, antara lain Amphetamine (AMP), Morphine/Opiate (MOP), Marijuana (THC), Coccaine (COC), Methamphetamine (MET), dan Benzodiazepine (BZD).

Persiapan pelaksanaan kedua tes ini sudah dilakukan sejak pengumuman kelulusan SEMA Gelombang 1. Persiapan yang dilakukan terkait dengan tempat, alat tes, termasuk petugas. Pada dasarnya mekanisme pelaksanaan masih sama dengan sebelumnya. Setelah pengumuman kelulusan pun panitia telah menyebarkan informasi mengenai tes ini baik melalui media sosial UPNVJ atau pun pada laman penmaru.upnvj.ac.id bahkan pada pengumuman kelulusan itu sendiri.

IMG_0166.JPG

Pada dasarnya mekanisme pelaksanaan masih sama. Namun kali ini, Fajar Nugroho selaku Koordinator Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) UPNVJ mengingatkan dan menekankan kepada peserta setelah tes dan telah memiliki formulir hasil pemeriksaan untuk segera mengunggahnya pada laman pendaftaran.upnvj.ac.id. Panitia akan melakukan validasi berkas terlebih dahulu agar peserta dapat melakukan pembayaran biaya Pendidikan (UKT dan SPI).

Sejak pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB nampal pelaksanaan berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan dan tidak ada kendala yang serius. Hanya saja memang masih ada beberapa peserta yang datang ke lokasi dengan keadaan belum melakukan pendaftaran online dan pembayaran tes sebagaimana yang sudah diinformasikan. Kendatipun, petugas yang ada dengan sigap melayani dan membantu permasalahan tersebut dengan arahan yang jelas.

Berkaitan dengan pelaksanaan kedua tes ini, Fajar menyampaikan pesannya kepada para peserta. Dirinya menghimbau untuk selalu aktif dan teliti dalam membaca informasi yang telah disampaikan oleh universitas. Fajar juga kembali mengingatkan untuk segera mengunggah hasil tes pada laman yang telah ditentukan.

“Untuk jalur mandiri khususnya untuk tes kesehatan, sebenarnya seluruh informasi sudah kami smapaikan di website penmaru.upnvj.ac.id serta juga kami posting di media sosial resmi UPNVJ. Di dalamnya sudah cukup lengkap silahkan dibaca Kembali alur, ketentuan-ketentuan yang harus diketahui, jadwal, sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam pelaksanaan tes kesehatan. Dan juga kami himbau untuk peserta yang sudah melakukan tes kesehatan ini segera mengunggah hasil tes kesehatannya ke laman pendaftaran.upnvj.ac.id karena setelah itu akan dilakukan validasi terlebih dahulu oleh panitia dan kemudian peserta baru dapat membayar UKT dan SPI yang sudah diumumkan sebelumnya.” Ucapnya kepada tim humas.

Pelaksanaan tes kesehatan dan tes bebas narkotika dan obat/nahan berbahaya melibatkan cukup banyak petugas yaitu berjumlah 26 orang dengan rincian: 1) tim sarana dan prasarana berjumlah 12 orang, 2) nakes 9 orang, dan 3) dokter 5 orang.

 

Berita Sebelumnya

UPNVJ Selenggarakan Pelatihan Teknik Instruksional (PEKERTI) di BBPPMPV Bispar Cinangka, Depok

Berita Selanjutnya

FISIP UPNVJ dan ANTV Jajaki Berbagai Peluang Kerja Sama