UPNVJ Selenggarakan Uji Keterampilan Jalur Prestasi Tahfizh Dalam Seleksi Mandiri 2023

HumasUPNVJ - Senin, 3 Juli 2023 - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) telah melaksanakan ujian jalur prestasi tahfizh sebagai bagian dari proses seleksi mandiri tahun 2023. Ujian keterampilan tahfidz Al-Quran berlangsung di Masjid Mamba’ul ‘Ulum, UPN Veteran Jakarta Kampus Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Dari 17 calon peserta yang telah terverifikasi, sebanyak 14 orang dinyatakan layak untuk mengikuti ujian, sementara 3 peserta memilih untuk mengundurkan diri. Oleh karena itu, total peserta yang diuji adalah 11 orang.

Ustad Suprima, S.Pd.I, M.Pd.I, yang bertindak sebagai penguji dalam ujian ini, menyatakan bahwa peserta yang hadir memiliki kemampuan yang berbeda-beda,  "Alhamdulillah, terdapat variasi kekuatan hafalan peserta. Ada yang memiliki sertifikat hafalan 30 Juz, namun lancar melafalkannya hanya pada 10 Juz. Selain itu, ada juga yang menghafal 30 Juz, namun lancarnya hanya pada 5 Juz. Hal ini menunjukkan bahwa menghafal Al-Quran bukanlah hal yang mudah. Bisa menghafal saja belum cukup, tetapi menjaganya juga merupakan hal yang sulit."

Ujian keterampilan ini merupakan verifikasi atau konfirmasi terhadap sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga, yayasan, atau pesantren peserta. Hal ini dilakukan oleh UPNVJ sebagai bagian dari seleksi mandiri.

Suprima menambahkan bahwa ujian berjalan sesuai rencana dan tidak ada kendala sehingga bisa diselesaikan tepat waktu, "Alhamdulillah berjalan lancar, hingga pukul 11.50 sudah selesai semua 11 peserta diuji. Proses ujian berjalan dengan baik dan para peserta dapat menunjukkan kemampuan mereka dalam menghafal Alquran dengan baik.”

Bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur ini, UPNVJ berencana untuk mengkaderisasi dan mengikutsertakan mereka dalam event-event nasional seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional yang biasanya diadakan setiap dua tahun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi”

Proses seleksi ini menjadi salah satu upaya UPNVJ dalam mencari calon mahasiswa yang memiliki keahlian dalam hafalan Al-Quran serta berkomitmen untuk mengembangkan potensi akademik dan keagamaan di lingkungan kampus. Semoga para peserta yang lulus ujian ini dapat berkontribusi dalam memperkaya lingkungan akademik dan keagamaan di UPNVJ.

IMG_9349.JPG

Berita Sebelumnya

Empat Tahun Berturut-turut, SEMA Jalur Prestasi Hafidz Al Quran dan YouTube Content Creator 2023 Kembali Dibuka!

Berita Selanjutnya

UPNVJ Gelar Temu Wakil Rektor Bidang III Bersama Prof. Ir. Nizam, Dirjen Diktiristek