UPNVJ Selenggarakan Aktualisasi Bela Negara dalam Rangka MBKM 2023

HumasUPNVJ - Pusat Kajian Bela Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) menyelenggarakan pembekalan Aktualisasi Bela Negara Merdeka Belajar Kampus Merdeka (ABN MBKM) Angkatan II tahun 2023.

Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 25 Agustus 2023 di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar), Sawangan, Depok, Jawa Barat.

"Acara Aktualisasi Bela Negara dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini merupakan kegiatan yang sengaja dibuat oleh UPN Veteran Jakarta untuk menanamkan nilai-nilai Bela Negara bagi mahasiswa,” ucap Dr. Dudy Heryadi, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Jakarta.

Lebih jauh dalam sambutannya, Dudy menyampaikan bahwa UPN Veteran Jakarta terus mengusahakan agar nilai-nilai Bela Negara bisa diaktualisasikan oleh mahasiswa dan juga masyarakat Indonesia.

"UPN Veteran Jakarta terus mengusahakan agar Bela Negara ini tidak dimaknai secara sempit oleh masyarakat sebagai kegiatan militer saja, akan tetapi Bela Negara bisa diaktualisasikan dalam berbagai bidang sesuai dengan profesi masing-masing masyarakat Indonesia, termasuk mahasiswa,” jelas Dudy, yang juga merupakan eks Dekan FISIP, UPN Veteran Jakarta tersebut.

IMG20230821123244_01.jpg

Tidak hanya untuk mahasiswa, ke depan UPN Veteran Jakarta juga akan terus melakukan upaya-upaya penanaman nilai Bela Negara ke berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

"Tahun ini, UPN Veteran Jakarta dipercaya oleh Forum Rektor Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat untuk melaksanakan kegiatan Aktualisasi Bela Negara Nasional. Kegiatan ini merupakan sebuah kehormatan bagi UPN Veteran Jakarta sebagai Kampus Bela Negara untuk terus membumikan nilai-nilai Bela Negara kepada seluruh masyarakat Indonesia," jelas Dudy.

Ia berharap semoga pelaksanaan ABN MBKM, baik internal UPN Veteran Jakarta maupun ABN Nasional yang akan dilaksanakan nanti, bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

Sementara itu Dr.dr. Ria Maria Theresia, Sp.KJ, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UPN Veteran Jakarta, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa sebagai sivitas akademika UPN Veteran Jakarta, Kampus Bela Negara, mahasiswa harus mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Bela Negara dalam kehidupan sehari-hari.

"Mahasiswa bisa mengaktualisasikan nilai-nilai Bela Negara sesuai dengan bidang ilmu masing-masing, sesuai dengan keahlian masing-masing," jelas Ria.

Berita Sebelumnya

Kuliah Umum Menlu Retno: Peran Indonesia Semakin Penting di Kancah Global

Berita Selanjutnya

UPNVJ dan KBRI Kuala Lumpur Sepakati KKN Internasional untuk Anak-Anak PMI