Rektor Beri Pembekalan Persiapan Pensiun Pegawai UPNVJ

HumasUPNVJ - Menghadapi pensiun bukan perkara mudah. Memasuki masa pensiun tanpa persiapan dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental.

Tidak sedikit dari mereka yang memasuki usia pensiun mengalami post-power syndrome, sehingga kemudian berdampak pada buruknya relasi sosial, sakit-sakitan, atau bahkan mengalami kekacauan finansial.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta menggelar kegiatan pembekalan persiapan pensiun. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu mempersiapkan segala sesuatunya bagi para pegawai yang sudah hampir memasuki usia pensiun.

"UPNVJ berkomitmen mengantarkan bapak ibu sekalian untuk memasuki usia pensiun dengan bahagia, semangat, dan tetap aktif," kata Rektor Dr. Anter Venus, MA.Comm dalam kegiatan Pelatihan Masa Persiapan Pensiun Pegawai Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang digelar di Hotel Arya Duta Bandung pada 7-9 September 2023.

IMG_7734.JPG

Venus menekankan bahwa pensiun merupakan mekanisme alamiah dalam hidup, dan bukan berarti akhir dari segalanya. Justru, pensiun disebut Venus sebagai awal dari sesuatu yang baru.

Saat memasuki usia pensiun, seseorang dapat memilih untuk tetap aktif, bergaul dengan lingkungan sosial, dan, menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas, termasuk bisnis yang mendatangkan pemasukan.

"Di samping persiapan emosional, kita juga berikan pembekalan rencana finansial," ujar Venus.

Meski belum pernah merasakan pensiun, Venus memahami bahwa menghadapi masa seperti itu bukan perkara ringan. Seorang pensiunan mungkin masih merasa senang di satu atau dua bulan pertama, namun selanjutnya cenderung merasa tertekan.

Pensiunan juga mungkin akan merasakan depresi karena sudah tidak produktif dan aktif lagi, atau merasa kurang mendapat respect dari orang lain. Setelah itu terlewati, pensiunan mungkin akan kembali bangkit di fase re-orientasi.

"Untuk itulah persiapan ini kita buat agar bapak ibu tidak perlu melewati siklus-siklus itu. Nanti bapak ibu bisa langsung memikirkan kegiatan bisnis, tetap bergaul dengan lingkungan sosial, dan lain sebagainya," tutur Venus.

"Semua ada waktunya, dan kita ingin semuanya happy ending, termasuk ketika pensiun juga happy ending. UPNVJ ingin memastikan bapak ibu tetap gembira, semangat, produktif dan aktif," ungkapnya.

WhatsApp_Image_2023-09-09_at_4.29.15_PM_(1).jpeg

Berita Sebelumnya

Dubes Prancis Dorong Pengembangan Pelatihan HEMS ke Tingkat Kementerian

Berita Selanjutnya

Ketiga Kalinya, UPNVJ Selanggarakan Seleksi MTQMN Tingkat Universitas