Kedubes Kazakhstan Berikan Kuliah Tamu di UPNVJ

HumasUPNVJ – Dalam rangka memperkuat jejaring internasional universitas, UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) melaksanakan berbagai program konkrit salah satunya yaitu dengan melibatkan Kedutaan Besar (Kedubes) Kazakhstan untuk Indonesia.

Demi mengembangkan wawasan mahasiswa di lingkungan UPNVJ terkait Kazakhstan, Kantor Urusan Internasional (KUI) UPNVJ dan Kazakhstan Student Club UPNVJ menyelenggarakan kuliah tamu (guest lecture) yang bertajuk "Kazakhstan Lecture: History of Kazakhstan - Traces of Civilization, Values, and Traditions” (13/10).

Bertempat di Lab. Diplomasi FISIP UPNVJ, acara kuliah tamu ini mengundang Kedutaan Besar Kazakhstan di Jakarta yang diwakili oleh Mr. Bauyrzhan Zhaparov, Head of Economic sebagai pembicara dan Mr. Arnur Tanbay, Head Counsellor and Political Section. Kegiatan juga dihadiri oleh Muhammad Kamil Ghiffary, M.SI., Kepala Sub-KUI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Sharla Martiza Putri K., Presiden Kazakhstan Student Club UPNVJ dan diikuti oleh lebih dari 70 orang peserta dari berbagai Fakultas di lingkungan UPNVJ.

IMG_9667-min.JPG

Dalam kuliah tamu ini, Mr. Bauyrzhan memaparkan mengenai berbagai hal tentang Kazakhstan, termasuk sejarah, geografis, tradisi, dan pendidikan di Kazakhstan. Melalui penjelasan ini Mr. Bauyrzhan berharap agar mahasiswa UPNVJ mendapatkan berbagai macam insight bermanfaat serta berpeluang untuk melanjutkan studi di Kazakhstan.

Tidak hanya itu, narasumber lainnya yaitu Mr. Arnur menyoroti pentingnya budaya Kazakhstan dan pengaruhnya terhadap dunia. Mr. Arnur membahas Kazakhstan yang dikenal sebagai tempat budidaya anggur sementara Indonesia dikenal karena kerjasama dalam perdagangan.

IMG_9695-min.JPG

Setelah narasumber mengupas tuntas tentang Kazakhstan pada sesi kuliah tamu yang singkat ini, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi ini cukup interaktif dengan berbagai pertanyaan diajukan oleh peserta acara. Beberapa pertanyaan yang diajukan yaitu tentang sejarah bendera Kazakhstan, berbagai upaya pemerintah Kazakhstan untuk menarik wisatawan ke negara tersebut, serta pertanyaan terkait kain khas tradisional yang dimiliki Kazakhstan seperti halnya Batik milik Indonesia.

Kegiatan ditutup dengan mengundang kedua pembicara untuk mengunjungi Kazakhstan Corner yang berlokasi di Lantai 3 Perpustakaan UPNVJ. Dalam kunjungan tersebut, kedua perwakilan Kedubes Kazakhstan di Jakarta mengapresiasi upaya UPNVJ dalam meguatkan jejaring dengan mitra dari Kazakhstan. Diharapkan agar kiranya UPNVJ dapat terus menjalin berbagai program kolaborasi lainnya di waktu mendatang bersama Kedubes Kazakhstan di Jakarta maupun mitra UPNVJ lainnya dari Kazakhstan.

Berita Sebelumnya

Mahasiswa Magister Manajemen UPNVJ Lakukan Community Service ke UniKL Malaysia

Berita Selanjutnya

Serah Terima Hibah BMN UPNVJ dengan Yayasan dan Kelurahan Sekitar Kampus