Mayjen TNI Mar (Purn) Dr. Nono Sukarno: Mahasiswa UPNVJ Harus Berbeda dari Mahasiswa Lainnya.

IMG_9386.jpeg

HumasUPNVJ - Masih dalam rangkaian Pelatihan Pewarisan Jiwa, Semangat, Nilai-Nilai 1945 untuk 30 dosen UPN ”Veteran” Jakarta, Mayjen TNI Mar (Purn) Dr. Nono Sukarno, M.Th Ketua Pelatihan dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dalam kesempatannya mengatakan bahwa mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) harus memiliki karakter perjuangan yang berbeda dari mahasiswa kampus lain.

“Kami merupakan penerus pejuang yang ingin memberikan Jiwa, Semangat dan nilai-nilai 1945 serta kami diamanahkan untuk memberikan warisan bagi generasi penerus bangsa sebelum kita tiada” ujar Dr. Nono dalam kesempatannya saat ditemui di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, Senin (15/01/24).

Beliau juga mengatakan kegiatan ini merupaka upaya untuk generasi muda memiliki karakter nilai perjuangan dan kami bertugas untuk , menyusun strategi pelatihan yang diberikan.

“Kesempatan harus dimaksimalkan dengan sebaik mungkin karena kita mengharapkan apa yang kita berikan masuk kedalam jiwa para peserta, sehingga mereka tidak hanya tahu akan ilmunya melainkan dapat memahami, mendalami dan menjiwai ilmu yang diberikan” ujarnya.

Dalam pelatihan kali ini, para diberikan Materi utama dan pokok tentang nilai juang terlebih dahulu yang diawali dengan mengingat sejarah Indonesia, memahami nilai kejuangan dalam sejarah yang diberikan. Kedua hal tesebut adalah materi pokok yang diteruskan oleh materi umum seperti Pancasila dan wawasan kebangsaan dan lainnya.

“Sebagai awal peserta akan mendengarkan sejarah dan dilakukan tanya jawab, yang dilanjutkan dengan diskusi, diskusi disini terbagi dalam beberapa kelas yaitu kelas kecil, kelas sedang dan kelas besar” tambahnya.

IMG_9460.jpeg

Dalam realisasainya LVRI sudah melakukan kerjasama diberbagai lembaga dan khususnya perguruan tinggi antara lain UPN “Veteran” Jakarta, dan UPN “Veteran” Yogyakarta, UPN “Veteran” Jawa Timur serta Universitas Karya Dharma Makassar.

“Kita memiliki kurang lebih 400 fasilitator yang mensosialisasikan hal ini, kami berharap juga disini UPNVJ sebagai kampus dengan identitas Bela Negara Saya harapkan memiliki mahasiswa yang berbeda dari mahasiswa lain untuk karakter pejuangan itu yang ingin kami tekankan”.

Dalam kesempatannya Nono juga berpesan, anak generasi muda harus menyadari bahwa perjuangan para pemuda saat ini untuk mengisi kemerdekaan tidaklah mudah dibanding para pejuang terdahulu, jaman saat ini terlalu banyak budaya yang masuk jadi dengan pelatihan ini LVRI berusaha membekali dengan nilai perjuangan.

“Sebagai tindak lanjut para dosen yang telah dilatih ini akan dipantau secara berkala untuk kita mengatahui sudah sejauh mana mereka memberikan sosialisasi” jelasnya.

(*ans/HumasUPNVJ)

 

Berita Sebelumnya

UPNVJ dan LVRI Kolaborasi Demi Tingkatkan Pewarisan Jiwa, Semangat, Nilai-Nilai 1945 dilingkungan Kampus

Berita Selanjutnya

Teknik Kapal dan Teknik Elektro Siapkan Akreditasi