Pelatihan Pewarisan JSN'45 Usai, Dosen UPNVJ Diharapkan Mampu Jadi Agen Pemengaruh di Lingkungan Kampus

HumasUPNVJ - Tidak terasa sudah lima hari (15 Januari 2024 – 19 Januari 2024) para dosen dilingkungan UPN “Veteran” Jakarta mendapatkan pelatihan dan sosialisasi untuk meningkatkan Pewarisan Jiwa, Semangat, Nilai-Nilai 1945.

Anter Venus, Rektor UPNVJ mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan penting sebagai pengingat bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia berkaitan erat dengan sejarah bangsa, “Acara ini sangat penting untuk kedua belah pihak, antara UPNVJ dengan LVRI. Mengingat bahwa Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan Sejarah Bangsa Indonesia sehingga perlu membentuk kader pewaris JSN 45 dari berbagai elemen masyarakat untuk dapat bersama - sama mewariskan nilai JSN 45 kepada para generasi muda. Bahwa pendidikan tidak sekedar memberikan pelajaran Sains dan Teknologi tetapi perlu juga perlu memberikan pelajaran yang dapat memperkuat jiwa, semangat dan nilai kebangsaan, persatuan berbangsa dan bernegara melalui sosialisasi JSN 45”, ucap Venus dalam sambutannya

WhatsApp_Image_2024-01-19_at_15.14.09.jpeg

Beruntungnya, UPNVJ sebagai kampus bela negara bisa berkolaborasi dengan Legiun Veteran Republik Indonesia dalam penyelenggaraan pelatihan ini. Tidak lain dan tidak bukan tujuan kegiatan ini diselenggarakan diharapkan untuk meningkatkan pewarisan JSN 45 kepada para dosen UPNVJ agar mampu nantinya menjadi Training Of Trainer dilingkungan Kampus khususnya dan  masyarakat pada umumnya.  

”UPNVJ akan memasukkan materi JSN’45 (Jiwa, Semangat, Nilai-Nilai 1945) kedalam salah satu mata kuliah”, terang Venus.

WhatsApp_Image_2024-01-19_at_15.14.08_(1).jpeg

Mewakili Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat LVRI, Marsekal Madya TNI. Purn. Wresniwiro dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan bangga dengan adanya kolaborasi antara UPNVJ dengan LVRI, sehingga para dosen dilingkungan UPNVJ mampu memiliki kualifikasi menjadi fasilitator JSN’45 untuk mahasiswa, tenaga kependidikan dan masyarakat umum nantinya.

Pembukaan pelatihan dimulai sedari hari Senin 15 Januari lalu yang dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP LVRI. Peserta keseluruhan berjumlah 30 peserta, meliputi: Dosen Mata Kuliah Wajib Umum 12 orang, Puska Bela Negara 2 orang, Fakultsa Hukum 4 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan 3 orang, Fakultas Ilmu Komputer 3 orang dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 3 orang. Kegiatan dilaksanakan 5 hari, 7 jam /hari  = 35 JAM untuk teori dan praktek. (*sa/humasUPNVJ)


Tim pelatih yang bertugas untuk memberikan pelatihan, diantaranya:

  1. Mayjen TNI Mar (Purn) Dr. Nono Sukarno, M.Th
  2. Mayjen TNI ( Purn) A. Ghani,SE
  3. Laksda TNI ( Purn) Dauhan Syamsuri
  4. Laksma TNI (Purn) Karfudji Harianto
  5. Kombes Pol.  (Purn) Drs.I.P.Silalahi, SH.,M.Hum
  6. Kombes Pol.(Purn) Desak Nyoman Siti, S.Kp.,MARS.,Ph.D
  7. Letkol Inf (Purn) Totok Suroto
  8. Ir. Doddy Diponegoro
  9. Samukri, SE.,Ak.,M.Ak.,CA., CPA

WhatsApp_Image_2024-01-19_at_15.16.50.jpeg

Berita Sebelumnya

Pelatihan Pewarisan JSN'45 Usai, Dosen UPNVJ Diharapkan Mampu Jadi Training Of Trainer di UPNVJ

Berita Selanjutnya

Rektor Hadiri Penutupan Pelatihan JSN 1945 : Komitmen UPNVJ Jadi Tulang Punggung Menegakkan Nilai Kejuangan