Rektor Hadiri Serah Terima Jabatan Ketua Komisi Etik Penelitian UPNVJ

 

HumasUPNVJ - Komite Etik Penelitian (KEP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) melakukan serah terima jabatan dari pejabat sebelumnya, Prof. Dr. dr. M.Guritno Suryokusumo, kepada Prof. Dr. Med. dr. Frans Santosa sebagai Ketua KEP pada Kamis, 7 Maret 2024. Ketua baru ini akan bekerja untuk masa jabatan 2024-2026.

Serah terima jabatan disaksikan langsung Rektor UPNVJ Dr. Anter Venus yang berlangsung di Ruang Rapat KEP Gedung Merch Kampus Limo UPNVJ.

"Saya yakin dan berharap dengan kepimpinan baru ini, KEP dapat memberikan layanan dan fasilitas untuk para peneliti, khususnya di lingkungan UPNVJ dalam rangka menjamin kualitas pelaksanaan penelitian yang sesuai standar etik (ethical sound) di samping standar ilmiah (scientific sound)," ujar Venus dalam sambutannya.

Venus juga mengatakan bahwa ke depannya, KEP UPNVJ tidak hanya menjadi salah satu lembaga layanan pengelolaan aspek etik dalam penelitian, tetapi juga menjadi salah satu profit centre yang harus didukung -- salah satu indikator PTN-BLU atau bahkan PTN-BH

"Saya yakin dengan kepemimpinan Prof. Frans dan seluruh anggotanya, KEP UPNVJ akan tetap eksis dan berkembang terus, dan bisa meningkatkan kinerja layanannya dengan tetap menjaga standar kualifikasi yang telah diraih sebagai salah satu komite etik yang bereputasi," tutur Venus.

Diharapkan juga ke depannya dapat menjadi income generating, terutama bagi para peneliti yang berasal dari luar UPNVJ," tambahnya.

Dalam rangkaian acara juga terdapat workshop dengan narasumber Prof. Dr. Mohammad Sudomo yang membahas mengenai Pembekalan Pengenalan Etik dan Peran Komite Etik Penelitian. Narasumber lainnya adalah Harnawan Rizky, S.Si., MOHRE, yang membahas pemaparan bertajuk "Bagaimana Mereview Protokol Penelitian Kesehatan dan Non Kesehatan/Sosial.

*ans

KEP_UPNVJ1.jpeg

 

Berita Sebelumnya

Kunjungi Kazakh Ablai Khan University, UPNVJ Hadirkan Budaya RI di Indonesia Corner

Berita Selanjutnya

UPNVJ Bersama Lembaga Sukses Jakarta Gelar Roadshow Dialog Kampus Bahas Nilai Pancasila