SEMINAR E-AUDIT THE NEW GENERATION OF AUDIT HMJ S1 - AKUNTANSI UPN “VETERAN” JAKARTA

Selasa, 28 Mei 2015 bertempat di Ruang BEJ lt. 4 Gd. M. Husni Thamrin Fakultas Ekonomi UPNVJ diadakan Seminar E-Audit yang bertajuk “The New Generation of Audit”. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dihadiri oleh Bapak Satria Yudhia Wijaya SE, M.S.Ak selaku Kaprodi S1.Akuntansi UPNVJ beserta jajarannya, bertindak selaku pembicara Ibu Ria Anugriani, SE, M.Com, Ak, CA selaku pembicara dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan RI) danBapak Jb. Widodo Lestarianto, Ak. M.ak. CIA, CISM selaku pembicara dari KMK dengan dipandu oleh Moderator Bapak Supriyadi, Ak. CA, AAP selaku moderator seminar, serta para mahasiswa dan para undangan lainnya.

DSCN7187.JPG

Materi seminar yang dibahas oleh Ibu Ria Anugriani membahas mengenai “Program E-Audit untuk Mendukung Transparasi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara serta Pemeriksaan BPK RI”. Tugas dan fungsi BPK RI antara lain melaksanakan pemeriksaan, pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara. Jenis pemeriksaan yang dilaksanakan yaitu pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu. 
Sedangkan Bapak Jb. Widodo Lestarianto mengambil tema E-Audit Pemahaman dan Pengalaman Inspektorat Jenderal Kemenkeu RI”.  Dalam seminar ini, Beliau menerangkan tentang pengertian Audit Internal, yaitu suatu kegiatan penjaminan (assurance activities) dan konsultasi yang independen dan objektif yang dirancang untuk memberikan nilai tambah dan memperbaiki kegiatan operasi suatu organisasi. Dalam konteks Pemerintah Indonesia, audit internal dapat dipersamakan dengan pengawasan intern untuk memperkuat dan menunjang efektivitas Sistem Pengendalian Intern. Pengendalian Intern adalah proses yang dipengaruhi oleh pimpinan tertinggi (dewan direksi, board of directors), manajemen dan personil lainnya dalam sebuah organisasi, dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai mengenai pencapaian tujuan terkait operasi, pelaporan dan ketaatan.

DSCN7190.JPG
Anindya Faradina Putri Larasati, mahasiswi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi angkatan 2012 selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa penyimpangan anggaran bukan hal baru dalam perekonomian penyimpangan yang terdeteksi maupun tidak tentunya mempengaruhi pemberian opini oleh auditor. Berangkat dari hal itu muncullah e-audit yang diharapkan mampu menyelesaikan masalah. Atas dasar itulah HMJ AKS1 menyelenggarakan seminar ini, mengingat nantinya mahasiswa/i yang hadir merupakan “calon punggawa keuangan”. Harapan yang dapat disampaikan agar acara seperti ini terus berlanjut di tahun mendatang dan fasilitas lebih memadai dari pihak kampus karena setiap tahun mengundang tamu dari lembaga pemerintahan.

DSCN7208.JPG

 

Berita Sebelumnya

SEMINAR MOBILE COMPUTING IS CONNECTING THE WORLD FAKULTAS ILMU KOMPUTER UPN “VETERAN” JAKARTA

Berita Selanjutnya

GEBYAR PESONA INDONESIA FAKULTAS ILMU SOSIAL dan ILMU POLITIK (FISIP) UPN “VETERAN JAKARTA"