Peringatan HARDIKNAS UPN “Veteran” Jakarta 2018

 

Segenap jajaran dan mahasiswa UPN Veteran Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari rabu (2/5/2018) di lapangan upacara UPN Veteran Jakarta.

hardiknas_2018_(1).jpg

Upacara dipimpin langsung oleh rektor UPN Veteran Jakarta Prof. Dr. Ir Eddy S. Siradj. M.sc. Eng. Dalam hal ini, rektor menyampaikan bahwa tema Hardiknas tahun ini kemenristekdikti secara khusus mengusung sub tema "Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia", dari tema nasional, yakni "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

hardiknas_2018_(2).jpg

 

Dalam pidatonya rektor mengatakan, bahwa dalam hal upaya membumikan pendidikan tinggi juga harus selaras dengan asas-asas pendidikan tinggi, terutama asas manfaat. “pendidikan tinggi kita harus memberikan kemanfaatan bagi lingkungan sekitarnya, dan juga harus memiliki asas lainnya seperti kebenaran ilmiah, kejujuran, keadilan, kebajikan, tanggung jawab, kebhinekaan dan keterjangkauan”. Ungkapnya.

Perguruan tinggi sebagai pelaksana amanah pendidikan tinggi memiliki tiga unsur kewajiban yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang tertuang dalam tri dharma pendidikan tinggi. Sesuai dengan arahan bapak rektor yaitu menginginkan adanya peningkatan pembelajaran di ruang kelas, laboratorium, dan di ruang terbuka yang harus kontekstual dengan dunia nyata, serta adanya pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu tindakan membumikan pendidikan tinggi.

Selain itu rektor juga menyampaikan bahwa akan ada kerjasama dengan berbagai pihak dari luar negeri untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dikti dan permenristekdikti. “sesuai undang-undang Dikti dan permenristekdikti akan melakukan mitra kerjasama dengan luar negeri serta pemberian beasiswa kepada para dosen untuk melanjutkan studi baik di luar negeri maupun di dalam negeri guna untuk pemicu dan pemacu peningkatan kualitas SDM pendidikan tinggi kita”, ujar rektor.

Di akhir pidatonya Prof. Dr. Ir Eddy S. Siradj. M.sc. Eng mengucapkan menegaskan bahwa untuk mewujudkan cita-cita tersebut haruslah bergandengan tangan demi kejayaan tanah air dalam semangat hari pendidikan nasional. Selamat Hari Pendidikan Nasional . Laporan : Afif

hardiknas_2018_(3).jpg

 

Berita Sebelumnya

Tingkatkan Kompetensi Dosen Baru, UPNVJ Melaksanakan Pembinaan

Berita Selanjutnya

Program Studi Teknik Industri UPNVJ Raih Akreditas B