50 Mahasiswa UPNVJ Terima Beasiswa Bank Indonesia

 

HumasUPNVJ - Sebagai bentuk peduli Bank Indonesia (BI) terhadap pendidikan di Indonesia, BI memiliki program Pemberian Beasiswa kepada Mahasiswa/i berprestasi di Perguruan Tinggi dan UPN Veteran Jakarta merupakan salah satu PTN penerima bantuan beasiswa itu.

Setelah diumumkan secara luas oleh Bank Indonesia pada tanggal 24 April 2020 lalu, UPN Veteran Jakarta berhasil merima beasiswa untuk 50 mahasiswa.

Tahun ini merupakan tahun ke 3 UPNVJ menerima beasiswa Bank Indonesia dan pada tahun ini beberapa fakultas yang menerima beasiswa antara lain Fakultas Ekonomi Bisnis dengan jumlah mahasiswa 42 orang, Fakultas Hukum 5 orang dan Fakultas Ilmu Komputer 3 orang.

Refi Muhammad Syafei mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis salah satu penerima beasiswa Bank Indonesia, mengaku senang dan bersyukur bisa mendapatkan beasiswa BI ini untuk yang kedua kalinya.

beasiswa_BI_(2).jpeg

“Alhamdulillah seneng banget, sekaligus bersyukur bisa dapet kesempatan lagi buat ngembangin diri di Generasi Bank Indonesia karena manfaat nya bener-bener banyak dan berguna untuk saya” ungkap Refi saat melakukan wawancara dengan tim humas UPNVJ.

Refi juga menyampaikan proses yang dilalui juga tidak mudah ada banyak syarat dan ketentuan yang wajib para calon penerima beasiswa lakukan sebelum akhirnya dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa BI.

“Beasiswa BI itu proses tahapan nya total Ada 3 tahapan yaitu proses pendaftaran (seleksi berkas), seleksi test tertulis, Dan seleksi test wawancara” jelasnya.

Penerima beasiswa juga harus memeiliki beberapa kriteria yang antara lain Mahasiswa Aktif S1 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Hukum, dan Ilmu Komputer, Usia maksimal 23 (dua puluh tiga) tahun atau belum berusia 24 (dua puluh empat tahun) pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa;, Memiliki IPK minimal 3.00 (Skala 4.00), Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak kemanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan;, Tidak sedang menerima beasiswa, bekerja dan atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain;, Setiap penerima beasiswa hanya dapat menerima maksimal 4 (empat) semester sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditentukan, Wajib untuk aktif dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Refi juga mengatakan, dukungan juga datang dari pihak universitas melalui fakultas yang antara lain nya dari segi persiapan testnya, dimana pihak universitas melalui fakultas itu memberikan Dukungan berupa sosialisasi tentang beasiswa ini, kemudian membantu menyediakan berkas yang dibutuhkan seperti kartu hasil studi dan lain sebagainya.

Benefit yang didapatkan bagi penerima beasiswa BI antara lain beasiswa senilai Rp. 1.000.000, perbulan (dibayarkan setiap semester), berkesempatan mengikuti pelatihan dan seminar dari Bank Indonesia, berkesempatan magang di kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, berbagai manfaat dan kesempatan lainnya

Tidak hanya memperoleh bantuan berupa biaya pendidikan, mahasiswa penerima beasiswa juga tergabung dalam suatu komunitas yaitu GenBI (Generasi Baru Indonesia). Dari GenBI mahasiswa mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana dan terarah untuk meningkatkan kompetensi individu dan mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi pemimpin di masa depan

Dalam kesempatannya saat diwawancarai, Refi tidak lupa menyampaikan dukungannya untuk para rekan-rekan mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan mencoba agar berhasil memperoleh beasiswa BI di tahun depan.

“Untuk temen temen UPNVJ yang lagi cari beasiswa kalian harus banget cari tahu nih sama beasiswa BI ini, sebab tidak ada beasiswa lain yang programnya semenarik ini untuk mahasiswa, manfaatnya itu tidak hanya bantuan dalam bentuk uang saja, kalian juga dapat banyak banget experience dan self improvement. Nah untuk temen temen yang belum berhasil di tahun ini jangan khawatir, coba lagi tahun depan dengan persiapan yang lebih matang, ingat menyerah bukanlah pilihan. Info lebih lanjut bisa kalian cek di Instagramnya GenBI di @genbi.jakarta” jelas Refi.

Berikut nama-nama mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia :

Berita Sebelumnya

Polemik Pembebasan Napi oleh Beniharmoni Harefa Dosen Fakultas Hukum UPNVJ

Berita Selanjutnya

Puasa Lancar ditengah Pandemi