UPNVJ Terapkan Protokoler Era New Normal dalam Pelaksanaan Shalat Jum’at

HumasUPNVJ - Dimasa transisi new normal ini, pemerintah telah mengizinkan kembali kepada warga yang ingin melakukan shalat berjamaah di masjid, termasuk shalat Jum’at.

UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) kembali melaksanakan shalat Jumat, pada Jumat (19/06/2020). Pelaksanakan berlangsung di kedua masjid UPNVJ yaitu Masjid Manbaul Ulum UPNVJ Pondok Labu dan Masjid Al Fikri UPNVJ Limo.

Sekitar 293 orang mengikuti shalat Jum’at. Jumlah jemaah kali sedikit berukurang dibanding waktu normal.

Suprima selaku Ketua Umum Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) UPN Veteran Jakarta dalam waktunya saat diwawancarai menyampaikan bahwa dalam kondisi saat ini jumlah jamaah terbilang berkurang dikarenakan adanya pembatasan jumlah jamaah dengan tetap memperhatikan jarak shaf.

“Tentunya hampir ada perkurangan sedikit, karena diberikan jarak shaf (direnggangkan 2 ubin) maka terlihat masjid tidak dapat menampung seperti kondisi normal” ungkap Suprima.

Dalam laporannya Suprima juga menyampaikan beberapa susunan penerapan protokoler kesehatan yang wajib dilakukan oleh seluruh jamaah dalam pemantauan anggota DKM UPNVJ.

Beliau mennyampaikan khusus untuk pengurus DKM UPNVJ wajib melakukan sterilisasi untuk sarana pendukung peribadatan di masjid Manbaul’ulum dan Al Fikri sesuai protokol kesehatan agar terjaga kebersihan dan pengaturan jarak aman shalat berjama’ah di masjid dengan batas jarak 2 ubin diberi tanda silang.

Tidak hanya itu, Suprima juga menambahkan untuk para anggota memantau dan melaksanakan beberapa protokoler kesehatan untuk para jamaah yang memasuki ruang masjid.

“Pengecekan suhu tubuh untuk pegawai yang dilakukan satpam sebelum memasuki lingkungan kampus, pengecekan penggunaan masker jamaah, melakukan penyemprotan disinfektan dimasing - masing masjid Manbaul’ulum dan Al Fikri, menyiapkan sabun di masing - masing masjid Manbaul’ulum dan Al Fikri untuk cuci tangan sebelum berwudhu, selama waktu sholat tidak menggunakan AC hanya kipas angin, semua jendela dibuka agar sirkulasi udara lancar, tidak dianjurkan untuk jabat tangan, pegawai / karyawan yang mau shalat berjama’ah di masjid sangat dianjurkan untuk berwudhu dari ruang kerja dan setelah shalat tinggalkan masjid, jangan berkerumun” jelas Suprima.

Secara teknis, shalat jum’at dilaksanakan secara umum dengan menghadirkan Ust. Ade Nur Rohim dan Ust. Suprima sebagai khatib dan juga imam shalat dan pelaksanan berjalan lancar dengan tetap mengutamakan kesehatan dan kebersihan jamaah masjid. 

 

Berita Sebelumnya

International Webinar: Multidisciplinary Approach In Covid-19

Berita Selanjutnya

Mau Pendidikan atau Kuliah Gratis? Yuk Simak Pendaftaran KIPK Berikut ini