Sebanyak 29 Orang Ikut Serta SKB CPNS UPN Veteran Jakarta Tahun 2020

SKB_CPNS_(1).JPG

HumasUPNVJ - Selasa, 22 September 2020 UPN Veteran Jakarta gelar Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Penerimaan CPNS 2020. Terdata sebanyak 31 peserta yang harus mengikuti SKB, namun ada 2 peserta menyatakan mengundurkan sehingga hanya 29 peserta yang mengikuti SKB UPN Veteran Jakarta tahun ini.

Berbeda dari pelaksanaan tahun lalu, UPN Veteran Jakarta tahun ini melaksakan SKB secara daring hal ini dilakukan karena saat ini masih dalam masa pandemi dan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Melalui pemantauan tim humas pagi ini, secara teknis terdapat 12 tim yang merupakan pimpinan masing-masing fakultas dan kepala biro yang bertindak sebagai penilai dalam pelaksanaan wawancara dan microteaching. Tim terbagi menjadi 7 tim pertugas wawancara dan 5 tim micro teaching dengan masing-masing peserta ditanganin 2 orang saat melakukan wawancara dan micro teaching.

Dalam pelaksanaannya para peserta yang sudah masuk ke link zoom yang sudah disediakan sebelumnya wajib melakukan verifikasi dan absensi oleh tim verifikator dengan menampilkan kartu peserta, kartu tanda penduduk dan wajah yang jelas, setelah itu host zoom akan memindahkan peserta di room zoom tim wawancara atau micro teaching.

Setelah melakukan verifikasi berkas, para peserta selama 20 menit mengikuti arahan yang di ajukan oleh para tim tanpa jeda.

Berdasarkan informasi, Kemendikbud melalui laman Kompas.com menjabarkan terdapat beberapa aspek bobot SKB sesuai formasi yang diajukan, antara lain:

 

Aspek dan bobot SKB

Untuk aspek dan bobot SKB dari formasi tenaga kependidikan (Kemendikbud dan Kemendikbud DIKTI) adalah sebagai berikut:

- Literasi bidang pendidikan dan kebudayaan (jumlah soal: 20, bobot: 10 persen) Kemampuan bahasa Inggris (jumlah soal: 20, bobot: 15 persen)

- Penalaran dan pemecahan masalah (jumlah soal: 20, bobot: 30 persen)

- Dimensi psikologi (jumlah soal: 42, bobot: 30 persen)

- Wawancara (jumlah soal: 4, bobot: 15 persen)

Sementara, aspek dan bobot SKB untuk formasi tenaga pendidik (dosen) adalah sebagai berikut:

- Literasi bidang pendidikan dan kebudayaan (jumlah soal: 20, bobot: 10 persen)

- Kemampuan bahasa Inggris (jumlah soal: 20, bobot: 15 persen)

- Penalaran dan pemecahan masalah (jumlah soal: 20, bobot: 20 persen)

- Dimensi psikologi (jumlah soal: 42, bobot: 15 persen)

- Wawancara (jumlah soal: 8, bobot: 20 persen)

- Praktik mengajar atau micro teaching (jumlah soal: 5, bobot: 20 persen)

SKB_CPNS_(4).JPG

 

Metode dan pelaksanaan SKB

Adapun, pelaksanaan atau metode SKB CPNS Kemendikbud adalah sebagai berikut:

Metode CBT Rencananya metode ini akan dilaksanakan di 34 provinsi di seluruh Indonesia untuk subtes berikut: Literasi bidang pendidikan dan kebudayaan atau perguruan tinggi Kemampuan bahasa Inggris Penalaran dan pemecahan masalah Dimensi psikologi Daring (online) Sementara, untuk metode daring (online) akan digunakan untuk subtes berikut: Wawancara Praktik mengajar (micro teaching)

 

Jadwal pelaksanaan SKB

Jadwal pelaksanaan SKB Kemendikbud adalah sebagai berikut:

- SKB wawancara dan micro teaching akan dilaksanakan pada rentang tanggal 21-25 September 2020

- SKB CBT akan dilaksanakan pada: - Bagi lokasi tes luar negeri akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2020 - Bagi lokasi tes dalam negeri akan dilaksanakan pada rentang tanggal 29-30 September 2020

Adapun, detail penjadwalan per lokasi untuk setiap peserta akan disampaikan lebih lanjut melalui laman https://cpns.kemdikbud.go.id/.

Untuk itu, para peserta diimbau untuk terus memantau perkembangan informasi, baik melalui laman SSCN ataupun Kemendikbud.

 

 

Berita Sebelumnya

Total Hadiah Puluhan Juta, PLN Gelar Lomba Essay, Fotografi & Video untuk Mahasiswa

Berita Selanjutnya

Ditengah Pandemi, Mahasiswi FH Tetap Menoreh Prestasi pada Kejuaraan Nasional E-POOMSAE 2020