Pegawai UPNVJ dibekali Pelatihan Live Streaming di Tengah Pandemi Covid-19

HumasUPNVJ - Pandemi Covid-19 belum mereda. Saat ini hampir semua aktivitas dilakukan secara online (dalam jaringan) dimulai dari proses belajar mengajar, rapat sampai dengan berbagai acara tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Maka dari itu, pemanfaatan live streaming sangatlah dibutuhkan. Yang dimana streaming merupakan proses transfer data atau informasi dari satu pengguna ke pengguna lain, baik secara langsung atau menggunakan aplikasi tertentu yang sifatnya tidak perlu melakukan pengunduhan dan akan secara langsung ditampilkan.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para pegawai mengenai pemanfaatan live streaming di lingkungan kampus, UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Workshop Pemanfaatan Teknologi Streaming di Era Milenial pada hari Rabu tanggal 11 sampai dengan Jumat tanggal 13 November 2020 bertempat di Le Eminence Puncak Hotel Convention and Resort. Kegiatan ini di hadiri oleh kurang lebih 40  peserta dari perwakilan masing-masing satker.

Kegiatan dibuka langsung oleh Erna Hernawati selaku Rektor UPNVJ, “Saya berharap kegiatan ini menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan awal, yaitu seluruh pegawai yang terlibat dapat langsung mengaplikasikan apa-apa yang telah mereka pelajari pada saat pelatihan. Semoga kegiatan ataupun webinar-webinar yang akan datang bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala dalam pelaksanaannya”. Ungkapnya

Pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber yang memang ahli di bidangnya masing-masing, Robby Iskandar yang saat ini bekerja di CNN dan Detikcom yang sudah berkecimpung dalam media online dan televisi selama sembilan tahun. Endah Nuraeni yang sudah 8 tahun bekerja di media dan sekarang ini juga bekerja di CNN. Selain itu, turut hadir Iman Firmansyah seorang video journalist yang pengalamannya di dunia jurnalistik sudah selama 14 tahun.

Hari pertama, para peserta diberikan materi mengenai pemanfaatan teknologi streaming, oleh Robby Iskandar dan Endah, “Selain live streaming, untuk awal kita juga harus mengetahui mengenai VOD (Video On Demand) yang dalam bahasa Indonesia nya yaitu video sesuai dengan permintaan, adalah system televisi interaktif yang memfasilitasi pengguna untuk mengontrol atau memilih sendiri program video dan klip yang ingin di nonton. Contohnya, seperti youtube, netfilx, hooq, tiktok, indoXXI, dan iflix. Sedangkan contoh live streaming seperti instagram live, facebook live, CNN Indonesia dan untuk audio seperti spotify, joox dan youtube music”. Jelas Endah

“Perlu diketahui terlebih dahulu ada beberapa hal yang perlu kita siapkan untuk memulai live streaming, seperti PC/Laptop, kamera dan capture card untuk hardwarenya, sedangkan untuk software yang dibutuhkan yaitu OBS, Wirecast dan Vmix”. Lanjut Robby

Kegiatan hari kedua dilanjutkan dengan praktek live streaming oleh para peserta dan hari ketiga diisi dengan materi mengenai fotografi dan seputar jurnalistik.

Catur Nugrahaeni selaku penanggung jawab acara ini menghimbau kepada para peserta untuk lebih fokus kepada praktek untuk nantinya bisa diaplikasikan dengan baik.

 

Berita Sebelumnya

Siapkan Wirausaha Muda, UPT Karir UPNVJ Besama Pendiri Kopi Nyai Gelar Seminar Wirausaha Muda

Berita Selanjutnya

UPN Veteran Jakarta Terima Kunjungan DPP Legiun Veteran Republik Indonesia