"Membangun Nasionalisme Warga Net" Menjadi Tema Webinar Series ke 3 Bela Negara yang Diangkat dalam Rangka Dies Natalis ke 58 UPN Veteran Jakarta

Humas UPNVJ – Masih dalam rangkaian acara Dies natalis UPN Veteran Jakarta ke-58, pada Kamis, 28 Januari 2021, UPN Veteran Jakarta kembali menyelenggarakan webinar bela negara series ke 3 dengan tema Membangun Nasionalisme Warga Net. Pada webinar kali ini, narasumber utama yaitu Prof. Muradi, SS., M.Si., M.Sc., Ph.D. yang merupakan guru besar politik dan keamanan.

Acara webinar dibuka oleh MC dan Moderator yaitu Kraugusteeliana, M.Kom., MM, CSCU kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor UPN Veteran Jakarta. Webinar kali ini diikuti kurang lebih 250 peserta dari berbagai kalangan. Baik dari kalangan dosen, mahasiswa maupun kalangan umum.

Dalam sambutanya, Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA menyampaikan rasa terima kasih kepada Prof. Muradi, SS., M.Si., M.Sc., Ph.D selaku narasumber utama dalam webinar kali ini, para peserta, dan juga rekan-rekan yang sudah mendukung serangkaian acara dies natalis UPN Veteran Jakarta termasuk dalam webinar series bela negara ke 3 ini.

WhatsApp_Image_2021-01-28_at_10.46.55.jpeg

“Kegiatan webinar ini, menjadi kegiatan utama. Berkaitan dengan upnvj sebagai kampus bela negara. Dalam dies kali ini kami ingin mendalami hal-hal yang berkaitan dengan bela negara, untuk mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada, khususnya yang akan digunakan untuk melakukan perubahan di dalam metode pembelajaran di UPN Veteran Jakarta dan mengimplementasilkan bela negara, mencoba untuk berbagi masalah bela negara ini, karena kami yakin bahwa bela negara harus kita pahami dan kita laksanakan bersama.”

Rektor UPN Veteran Jakarta juga menyampaikan bahwa materi yang akan disampaikan merupakan materi yang menarik. “Materi webinar menarik, karena kita lihat dari hasil survey, bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai, 169,7 Juta. Ini mencapai 73,7% dari populasi kita. Ini data portal ke 2 tahun 2020. Dan pengguna media social mencapai 150 juta. Sehingga UPN ingin menggali hal ini, karena pengaruh dari media sosial positif dan negative, merupakan hal yang dapat kita rasakan. Dengan webinar ini bisa mendorong perilaku kita bijak dalam menggunakan media social.  Saya yakin dengan media sosial kita bisa meningkatkan rasa nasionalisme kita. Kita jaga terus NKRI sebagai negara kesatuan.”

Narasumber dalam webinar kali ini yaitu Prof. Muradi, SS., M.Si., M.Sc., Ph.D dengan tema Membangun Nasionalisme Warga Net, yang menyampaikan beberapa hal seperti 6 pendekatan dalam sosial media dan nasionalisme. Salah satunya juga mengenai Imagine Community. “Imagine Community menjadi cermin warga negara yang akan datang, kemudian menjadi kebenaran hari ini, orang dalam posisi imaji yang masyarakatnya tidak mudah untuk diatur”

2.jpg

Selain itu, berkaitan dengan penggunaan internet, Muradi juga menyampaikan struktur umur penduduk di Indonesia, didominasi oleh generasi Z.  “Indonesia paling banyak didominasi oleh generasi milineal dan generasi Z. dan generasi ini yang akan banyak mempengaruhi Indonesia 5-10 tahun kedepan”. “Dan pada tahun 2020, Indonesia mengalami kenaikan pengguna internet. Ada sekitar 175 juta pengguna internet. Hampir ada kenaikan 10 juta” Lanjutnya.

Muradi juga memaparkan hasil survey dari Gallup berkaitan dengan bela negara masyarakat “Menurut Gallup survey, Indonesia warga negaranya tidak lebih baik dibandingkan dengan China, Philipina terkait dengan Fight For Country, kita kalah jauh dengan Pakistan Indonesia belum mau untuk Fight For Country. Jadi survey ini bisa menjadi evaluasi untuk Indonesia, bahwa masyarakatnya hanya 70% yang mau berperang.” “Terkait bela negara, saya kira balancing antara nasionalisme dan bela negara itu harga mati. Tidak bisa di negoisasi karena bela negara bukan wajib militer, bela negara adalah kewajiban bagi warga negaranya. Tidak ada pilihan menolak.” Lanjutnya.

Webinar series Bela Negara ke 3 ditutup dengan sesi tanya jawab dengan para peserta.

WhatsApp_Image_2021-01-28_at_10.47.01.jpeg

 

 

 

Berita Sebelumnya

PENERIMAAN DOSEN TETAP BERKUALIFIKASI DOKTOR (S3) DI LINGKUNGAN UPN VETERAN JAKARTA

Berita Selanjutnya

Jurnal “Ekspresi dan Persepsi” Raih Akreditasi SINTA 4 dan Luncurkan Edisi ke-6